Pasukan TPNPB-OPM Klaim Bakar Kantor Distrik Paniai Utara

Kantor Distrik Paniai Utara yang berada di Distrik Kebo, Kabupaten Paniai, dibakar oleh pasukan TPNPB-OPM Kodap XIII Kegepa Nipo Paniai, Jumat (30/9/2022). (Foto: Ist)
Kantor Distrik Paniai Utara yang berada di Distrik Kebo, Kabupaten Paniai, dibakar oleh pasukan TPNPB-OPM Kodap XIII Kegepa Nipo Paniai, Jumat (30/9/2022). (Foto: Ist)

TIMIKA | Pasukan Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) Kodap XIII Kegepa Nipo Paniai, Jumat (30/9/2022), mengklaim telah membakar bangunan Kantor Distrik Paniai Utara di Distrik Kebo, Kabupaten Paniai, Papua Tengah.

Hal ini disampaikan Sebby Sambom selaku Juru Bicara Markas Besar TPNPB-OPM kepada awak media melalui siaran persnya.

Sebby menjelaskan, pihaknya menerima laporan langsung dari Pangkodap XIII Kegepa Nipo Paniai, Mathius Gobay, via telepon seluler soal aksi yang dilakukan pasukan TPNPB.

Dalam laporannya, Mathius Gobay menyampaikan bahwa pasukannya melakukan aksi pembakaran itu lantaran meminta ingin merdeka.

“Ia (Mathius Gobay) mengatakan bahwa pasukan TPNPB Komando Daerah Pertahanan XIII Kegepa Nipo Paniai telah membakar kantor distrik Paniai Utara di Kebo,” kata Sebby Sambom.

Bahkan dalam video pendek berdurasi 34 detik berisi pernyataan pasukan TPNPB-OPM Kodap XIII Kegepa Nipo Paniai yang dikirim kepada awak media, mereka menyampaikan peringatan terhadap Pemerintah Kabupaten Paniai, melarang segala aktivitas terutama dalam bentuk pembangunan di wilayah itu.

“Ini bukti sebagai peringatan. Kami menolak semua akses pembangunan NKRI oleh pihak Indonesia. Kami masih melakukan (gangguan) kalau terjadi pembangunan dan lain sebagainya,” kata salah satu pasukan TPNPB-OPM Kodap XIII dalam video singkat itu.

Terkait kejadian ini, Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal yang dikonfirmasi dari Timika, belum memberikan keterangan resmi hingga berita ini diterbitkan.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Saldi
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.