Pawai 1 Muharram, Masyarakat Muslim Diajak Tingkatkan Iman dan Takwa

Pelepasan peserta Pawai Ta'aruf dalam memperingati tahun baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriyah, Sabtu (6/7/2024). (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)
Pelepasan peserta Pawai Ta'aruf dalam memperingati tahun baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriyah, Sabtu (6/7/2024). (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA, Seputarpapua.com | Ribuan orang mengikuti Pawai Ta’aruf 1 Muharram 1446 Hijriah yang diselenggarakan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, Sabtu (6/7/2024).

Pawai ini diikuti oleh majelis taklim, komunitas, paguyuban, forkopimda dan juga para juara umum Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke XXX dari Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Mimika.

Ketua PHBI Mimika, Laitam Gredenggo, pada kesempatan ini mengajak seluruh masyarakat muslim untuk memulai perjalanan hidup di tahun yang baru dengan mengikuti tiga hal, diantaranya harus mementingkan kepentingan hidup di akhirat dengan meningkatkan ketakwaan kepada Allah. Masyarakat juga harus mau dan mampu melihat kesalahan dan dosa masing-masing di tahun yang telah berlalu.

“Kita harus bertaubat dan memperbaiki diri di tahun baru ini dengan menjalankan amal saleh,” kata Laitam.

Asisten I Sekretariat Daerah Kabupaten Mimika, Robert Kambu yang mewakili Pemkab Mimika mengapresiasi pelaksanaan Pawai Ta’aruf menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1446 Hijriah.

Salah satu peserta Pawai Ta’aruf 1 Muharram 1446 Hijriah melintasi Jalan Pendidikan (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

 

Pawai ini diharapkan tidak hanya membuat tahun baru Islam menjadi meriah, tetapi juga bisa menjadi sarana syiar Islam.

“Tahun baru Islam harus dimaknai dengan muhasabah, dan introspeksi diri untuk mengurangi kesalahan dan berkomitmen merubah diri menjadi baik sesuai tuntunan agama Islam,” pesannya.

Robert juga berpesan kepada seluruh masyarakat muslim untuk memperbaiki kualitas ibadah, saling menghormati dan menyebarkan kebaikan kepada semua masyarakat.

“Kita harus mempererat tali persaudaraan dan memperkuat ikatan keagamaan di tengah masyarakat di Mimika tanpa membedakan suku, agama dan bahasa,” kata Kambu.

Dengan berjalan bersama pada pawai ini, ia berharap bisa meningkatkan kebersamaan, persatuan dan solidaritas.

Advertisements

“Tahun batu Islam 1446 Hijriah memberikan peluang bagi kita untuk memperbaiki diri, meningkatkan iman dan takwa serta menambah pemahaman tentang agama,” pungkasnya.

Usai pelaksanaan pawai ini, para peserta mengikuti pembagian doorprize dengan hadiah utama 1 unit motor.

penulis : Anya Fatma
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan