PB PON: Gubernur Lukas Enembe Pelopor Jadikan Papua Tuan Rumah PON XX

Ketua Harian PB PON Yunus Wonda
Ketua Harian PB PON Yunus Wonda

JAYAPURA | Adanya pro kontra pemberian nama Stadion Papua Bangkit yang akan berganti nama menjadi Stadion Lukas Enembe di kalangan masyarakat mendapatkan tanggapan dari Ketua Harian Panitia Besar (PB) PON Papua Yunus Wonda.

Menurutnya pemberiaan nama Stadion Lukas Enembe karena Lukas Enembe yang juga Gubernur Papua ini dianggap sebagai tokoh, pelopor olahraga yang berhasil menjadikan Provinsi Papua sebagai tuan rumah event empat tahunan PON XX.

“Kami rakyat Papua tidak pernah bayangkan bila Provinsi Papua bisa menjadi tuan rumah PON, karena kami menyadari secara infrastruktur, Papua sangat tidak mungkin melakukan itu. Tetapi oleh komitmen yang kuat dari bapak Lukas Enembe yang didukung juga oleh bapak wakil Gubernur dan semua pihak, maka hal yang tidak mungkin itu sekarang terbukti, kami Papua juga bisa,“ kata Yunus kepada pers, Senin (19/10).

Pria yang juga menjabat Wakil DPR Papua ini menjelaskan semangat Gubernur Lukas Enembe untuk menjadikan Papua sebagai tuan rumah PON XX patut mendapatkan apresiasi.

Hal ini pun menjadi pembuktikan kepada Indonesia, bahwa Papua juga bisa bersaing dengan daerah lain dalam pengembangan infrastruktur.

Apalagi setelah disetujui menjadi tuan rumah, Gubernur mewujudkannya dengan membangun Stadion Utama Papua Bangkit yang dibangun dengan menggunakan anggaran murni APBD Provinsi Papua hamper senilai 1,4 triliun rupiah.

IKLAN-TENGAH-berita

“Prinsip beliau adalah ambil dulu baru nanti disiapkan, karena menurut beliau kalau siapkan dulu infrastrukturnya baru mau lobby, itu nanti lama. Dan akhirnya lihat sendiri, saat papua dipercayakan sebagai tuan rumah, Pak Gubernur langsung memerintahkan untuk bangun stadion, yang saat ini kita kenal dengan nama Papua Bangkit,“ jelasnya.

“Sesuatu yang awalnya mustahil itu ditangan beliau saat ini semua bisa terwujud. Itulah alasan nya mengapa kami DPR Papua saat itu (tahun 2019) mengajukan nama stadion Papua Bangkit kita ganti dengan nama beliau, Lukas Enembe,” tambahnya.

Prev1 of 2

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar