PB PON Papua Data Pelaku Seni di Empat Klaster

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
PENDATAAN | Foto bersama pada kegiatan pendataan dan sosialisasi terhadap pelaku seni yang dilakukan PB PON XX melalui Bidang Sosial dan Budaya. (Foto: Istimewa/Seputarpapua)
PENDATAAN | Foto bersama pada kegiatan pendataan dan sosialisasi terhadap pelaku seni yang dilakukan PB PON XX melalui Bidang Sosial dan Budaya. (Foto: Istimewa/Seputarpapua)

TIMIKA | Bidang Sosial Budaya PON XX Tahun 2021 PB PON Papua telah mendata dan melakukan sosialisasi kepada pelaku seni di empat klaster, Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika dan Kabupaten Merauke.

Pelaku seni yang didata, yakni, seni tari, seni ukir, seni lukis, seni anyama, gerabah, kuliner dan seni musik etnik.

mengatakan, pihaknya mengkoordinir anggota bidang sosial budaya yang di bagi ke dalam 4 klaster, untuk melakukan pendataan dan sosialisasi.

“Sosialisi ini dilakuan sejak Januari 2021 sehingga bisa mendapatkan jumlah rill berapa pelaku seni yang terakomodir dalam suatu perkumpulan, seperti sanggar, kelompok, dan group seni budaya,” jelas Koordinator Bidang Sosial Budaya Panitia Besar (PB) PON tahun 2021 Provinsi Papua Septinus Saa dalam rilis yang diterima Seputarpapua.com, Selasa (6/4/2021).

Dikatakan, selain untuk mendapatkan data riil, kegiatan ini juga untuk mengkonfirmasi jenis-jenis tarian tradisi dan kreasi, yang nantinya akan diakomodir pada pelaksanaan PON XX 2021 bulan Oktober 2021.

“Khusus pada Klaster Mimika, berhasil kami data sebanyak 10 sanggar/kelompok/group seni budaya baik yang berasal dai Masyarakat Asli Mimika, seperti Kamoro maupun yg berasal dari budaya lain di tanah Papua,” jelasnya.

Hasil sosialisasi dan pendataan tersebut akan ditindak lanjuti dengan penandatangan MoU yang direncanakan akan dilaksanakan pada 13 April 2021 di Timika.

“Kami berharap semua proses dan tahapan ini dapat bebrjalan baik dan tentunya untuk suksesnya pelaksanaan PON XX 2020,” tandas Septinus Saa yang juga Dekan FISIP Universitas Cenderawasih.

Sementara itu, Sub Koordinator Pameran dan Pentas Seni Budaya Bidang Sosial Budaya PB. PON XX Enrico Yory Kondologit menambahkan, pendataan dan sosialisasi yang telah dilakukan idisambut positif oleh para pelaku seni budaya di 4 klaster PON XX.

Hal ini dapat dilihat dari jumlah partisipasi sanggar, kelompok dan sanggar seni budaya yang secara sukerala menghubungi tim sosial budaya ketika melakukan survey lapangan dengan mengunjungi langsung sanggar-sangar tersebut.

“Ya intinya, semua para pelaku seni sangat ingin dilibatkan dan siap berpartisipasi serta menyukseskan PON yang baru pertama kali dilakukan di Tanah Papua,” ujarnya.

Reporter: Mujiono
Editor:Misba
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Berita Terkait
Baca Juga
Dapatkan Notifikasi ?    Ya Nanti