PB PON Serahkan Api Kirab PON XX Ditangani TNI

Ketua Bidang I PB PON XX Papua, Yusuf Yambe Yabdi. (Foto: Vidi/SP)
Ketua Bidang I PB PON XX Papua, Yusuf Yambe Yabdi. (Foto: Vidi/SP)

JAYAPURA | Panitia Besar PON XX Papua mempercayakan Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk mengurusi api kirab PON yang akan mengelilingi lima wilayah adat di tanah Papua.

Demikian disampaikan Ketua Bidang I PB PON Yusuf Yambe Yabdi, Rabu (13/1/2021), yang menilai TNI memiliki cakupan sinergitas diseluruh Indonesia dan Papua.

Terlebih perhelatan PON merupakan event Nasional yang semuanya harus bertanggung jawab ikut mensukseskan.

“Karena beban PB PON terlalu berat, kita tidak bisa mengurusi semuanya dan PON ini adalah event nasional yang tempatnya hanya digelar di Papua. Oleh sebab itu, sinergitas antara seluruh komponen yang ada di negara ini harus dioptimalkan untuk mensukseskan PON,” kata Yambe Yabdi.

Menurut dia, akan ada penandatangan kerjasama (MoU) kepada Pangdam XVII Cenderawasih, untuk menunjuk penanggung jawab pengelola api kirab PON yang diambil dari Bintuni Papua Barat.

“Nanti setelah kita serahkan pada TNI melalui MoU yang kami akan susun disitu nanti Pangdam akan menunjuk penanggung jawab kelola dan akan berkomunikasi dengan PPK untuk menyusun langkah teknis sebagaimana yang diatur dalam proses pengambilan api PON seperti PON-PON sebelumnya,” ujar Yambe Yabdi.

IKLAN-TENGAH-berita

Selain itu, untuk jenis upacara yang lain seperti penyambutan kontingen dan penghormatan kontingen, penghormatan pemenang, gala dinner dan lainnya akan diproses oleh PB PON.

“Yang tantangannya berat itu kirab dan pengambilan api karena pengambilan itu di Bintuni dan harus melewati 5 wilayah adat. Itu yang agak susah, oleh sebab itu kami menilai TNI memiliki organisasi yang sangat solid sampai ke seluruh kabupaten/kota bahkan lintas provinsi,” pungkas Yambe Yabdi.

 

Reporter: Vidi
Editor: Aditra

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar