Pedagang Mama-mama Papua Bisa Peroleh Kredit Hanya dengan KTP dan Surat Keterangan Usaha

Kepala Departemen Kredit Bank Papua Cabang Timika, Muhtardi. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)
Kepala Departemen Kredit Bank Papua Cabang Timika, Muhtardi. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA | Pedagang atau pengusaha khususnya Mama-mama Papua kini juga bisa memperoleh kredit di Bank dengan persyaratan yang cukup mudah.

Program yang diberi nama Pinjaman Usaha Mikro (PUM) Mama-mama Papua ini dibuat oleh Bank Pembangunan Daerah (BPD) Papua.

“PUM ini hanya khusus untuk Mama-mama papua,” kata Kepala Departemen Kredit, pada Bank Papua Kantor Cabang Timika, Muhtardi saat diwawancara di kantornya, Kamis (18/2/2021).

Ia menjelaskan, program ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 2018 saat Ia masih bertugas di Asmat.

Katanya, untuk di Timika juga memang berjalan. Namun sasarannya lebih di kantor cabang pembantu (KCP) seperti di wilayah satuan pemukiman (SP) ke arah Mapurujaya hingga Poumako.

Muhtardi mengungkapkan, untuk persyaratannya terbilang cukup ringan karena memang sasarannya belum begitu paham tentang perbankan.

Syaratnya ialah memiliki KTP di Timika atau pada daerah tempat pengajuan, surat keterangan usaha dan tentu memiliki usaha yang dijalankan.

“Bukan berarti dia datang dari luar baru ambil kredit di sini. Artinya bahwa ketika kredit itu bermasalah kita tahu kondisi orangnya,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.