Peduli Cianjur dan Korban Kebakaran, BSM Galang Dana Kumpulkan Dana Ratusan Juta

FOTO - Komunitas Baraya Sunda Mimika saat foto bersama pada penggalangan dana gempa Cianjur. (Foto: Ist)
FOTO - Komunitas Baraya Sunda Mimika saat foto bersama pada penggalangan dana gempa Cianjur. (Foto: Ist)

TIMIKA | Peduli musibah gempa bumi yang melanda Kabupaten Cianjur, Jawa Barat beberapa waktu lalu, Komunitas Baraya Sunda Mimika (BSM) menggalang dana di beberapa titik di Kota Timika.

Penggalangan dana yang dilaksanakan selama 3 hari, terhitung sejak tanggal 25-27 November BSM berhasil mengumpulkan dana Rp158.972.000 juta.

Koordinator kegiatan penggalangan dana untuk Cianjur, Asep Syaifudin mengatakan, Komunitas BSM merupakan kumpulan warga Sunda yang tinggal di Mimika, maka pihaknya melakukan penggalangan dana, tujuannya untuk meringankan korban bencana gempa bumi Cianjur, Jawa Barat.

“Pada penggalangan dana ini, kami tidak serta merta langsung turun. Tapi sudah dapat izin dari Dinas Sosial Kabupaten Mimika,” kata Asep, Selasa (29/11/2022) di SP 1, Mimika, Papua Tengah.

Kata Mang Asep sapaan akrabnya, pada penggalangan dana, BSM tidak sendirian namun dapat dukungan dari para relawan- relawan komunitas sosial dan organisasi kemasyarakatan, diantaranya Kerukunan Keluarga Jawa Bersatu Cabang Kamorojaya (Sp1 ), Komunitas Cinta Yatim, Komunitas Dapoor Noerthiz, Komunitas Teras Peduli, dan Club Futsal Baraya Sunda Futsal Mimika.

“Aksi penggalangan dana yang dilakukan 3 hari kemarin kami lakukan di beberapa titik, seperti persimpangan Hasanuddin-Budi Utomo, persimpangan Hasanuddin-Yos Sudarso (Timika Mall), persimpangan pasar lama, persimpangan Bank Papua, dan persimpangan Sp1-Sp4.

“Selain turun ke jalan, penggalangan dana ini juga dilakukan lewat online (WhatShapp grup) BSM,” ujarnya.

Selama 3 hari penggalangan dana, ‘alhamdulillah’ mampu mengumpulkan Rp158.972.000. Dimana, hasil dari turun jalan sebesar Rp.128.572.000, sementara melalui online sebesar Rp30.400.000.

“Dari hasil ini, kita sisihkan untuk membantu korban kebakaran di Nawaripi yang terjadi beberapa waktu lalu. Dan untuk penyalurannya, sudah kami lakukan, Senin (28/11/2022) kemarin,” terangnya.

Pihaknya mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Mimika, dalam hal ini Dinsos Mimika yang sudah memberikan ijin. Serta para relawan, baik dari komunitas, dan terlebih khusus masyarakat Mimika yang mau menyisihkan rejekinya.

“Untuk tehnik penyaluran ke Cianjur, apabila memungkinkan akan langsung disalurkan kepada korban. Tapi kalau tidak memungkinkan, maka melalui pihak terkait,” ungkapnya.

Tanggapi Berita ini
reporter : Mujiono

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.