seputarpapua.com

Pekan Depan, Pemkab Mimika Mulai Tindak Tegas ASN Mangkir

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
APEL | ASN saat ikut apel pagi di Lapangan Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika, Rabu (17/3/2021). (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)
APEL | ASN saat ikut apel pagi di Lapangan Kantor Pusat Pemerintahan Kabupaten Mimika, Rabu (17/3/2021). (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)

TIMIKA | Mulai pekan depan Pemerintah Kabupaten Mimika, Provinsi Papua akan memanggil para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang tidak menjalankan tugas atau mangkir.

Tercatat hingga saat ini sebanyak 208 ASN dilingkup Pemkab Mimika mangkir dan tidak menjalankan tugasnya selama berbulan -bulan. Bahkan ada yang hingga bertahun tahun.

Sekda Mimika, Michael Gomar mengatakan, sebanyak 208 orang ASN yang tidak melaksanakan tugas di Mimika padahal status kepegawaiannya masih aktif di Pemda Mimika.

Pemanggilan ASN yang mangkir akan disesuaikan dengan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010.

Tahap pertama, surat sudah disampaikan kepada semua pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk memanggil secara lisan.

Jika tidak ada tanggapan maka dilanjutkan dengan pemanggilan secara tertulis sampai tiga kali.

“Kalau tidak ditanggapi dan ASN tidak kooperatif, maka sebagai pejabat pembina kepegawaian, Bupati Mimika berhak membuat keputusan pemberhentian dengan tidak hormat sesuai amanat undang-undang,” tegas Sekda melalui siaran pers yang diterima seputarpapua.com, Rabu (31/3/2021).

Kata Sekda, hal ini akan ditindaklanjuti bersama-sama dengan tim penegakan kedisiplinan ASN, yang sudah dibentuk berdasarkan surat keputusan Bupati Mimika.

“Dalam waktu dekat kami akan melakukan rapat internal tim, dan mulai minggu depan setelah liburan Perayaan Paskah sudah akan dilakukan pemanggilan. Pertama akan kami lakukan pemanggilan secara lisan. Namun apabila yang bersangkutan tidak kooperatif maka akan dilayangkan surat pemanggilan,” tegasnya.

Berita Terkait
Baca Juga