Pelajar SMA YPPK Tiga Raja Diberikan Pengetahuan K3

SOSIALISASI | Siswa-siswi SMA YPPK Tiga Raja saat mengikuti sosialisasi tentang K3 Umum. (Foto: Mujiono/Seputarpapua)
SOSIALISASI | Siswa-siswi SMA YPPK Tiga Raja saat mengikuti sosialisasi tentang K3 Umum. (Foto: Mujiono/Seputarpapua)

TIMIKA | Pelajar SMA YPPK Tiga Raja, Timika, Papua Tengah diberikan sosialisasi tentang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), pada Jumat (26/8/2022).

Sosialisasi ini merupakan program Coorporate Social Responsibility (CSR) PT Jasa Prima Papua (JPP), selaku pengelola Perusahaan Jasa K3 (PJK3) pertama di Papua dan Papua Barat.

Sosialisasi ini diikuti pelajar kelas XII. Mereka mendapatkan pengenalan tentang K3, manfaat K3, dan bagaimana melaksanakan K3 di lingkungan sekolah dan sekitarnya.

Guru Bidang Ekonomi SMA YPPK Tiga Raja Agnes mengatakan, pihak sekolah sangat mengapresiasi program sosialisasi K3 yang dilakukan PT JPP dengan menggandeng Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Provinsi Papua.

“Kami sangat senang dengan sosialisasi ini. Karena memberikan bekal kepada anak-anak tentang K3. Sehingga membawa manfaat bagi kehidupan sehari-hari,” kata Agnes.

Pengawas Disnaker Provinsi Papua Sri Rahmi mengatakan, K3 merupakan ilmu yang diterapkan pada segala aspek, mulai dari lingkungan pribadi, sekolah sampai pada dunia kerja. Apalagi untuk siswa-siswi Kelas XII, yang sebentar lagi akan menghadapi ujian akhir dan dunia kerja, K3 penting untuk diketahui.

“K3 sendiri merupakan ilmu tentang keselamatan dan kesehatan kerja yang harus dan biasa dimanfaatkan serta diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” kata Sri.

Menurut Sri, K3 sangat penting bagi siswa-siswi Kelas XII, terutama yang tidak melanjutkan ke kuliah, maka pastinya berhadapan dengan dunia kerja.

Apalagi, sekarang ini surat lamaran kerja harus dilengkapi dengan sertifikat K3 dasar.

Untuk mendapatkan sertifikat itu membutuhkan biaya yang cukup mahal karenanya, PT JPP mensosialisasikan K3 sekaligus nantinya memberikan sertifikat untuk menjadi bekal siswa-siswi di saat melamar kerja.

“Apa yang dilakukan oleh JPP merupakan program CSR, dengan sasaran anak sekolah,” tutur Sri.

Manager Safety PT JPP Yoviantoro mengatakan, JPP goes to school merupakan program CSR untuk memberikan materi tentang K3 di lingkungan sekolah. Terutama pada siswa-siswi yang nantinya memasuki dunia kerja.

Melalui sosialisasi K3 di lingkungan sekolah ini, para siswa-siswi bisa menerapkannya. Sehingga pelaksanaan proses belajar mengajar menjadi aman dan lancar. Dalam arti tidak ada kecelakaan, mulai dari peralatan dan lainnya. Dengan demikian, semua orang di lingkungan sekolah menjadi aman.

“Setelah dapat ilmu ini agar di terapkan, sehingga terlatih disaat memasuki dunia kerja. Selain program ini, kami akan mengadakan lomba program bulan K3 di lingkungan sekolah. Diharapkan bisa memacu sekolah dalam penerapan K3,” pungkas Yoviantoro.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Mujiono
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.