Pemda Mimika Bangun Ring Road dari Mile 32 – Pomako, Sudah Dikerjakan 7 Kilo

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR), Robert Mayaut (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR), Robert Mayaut (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)

TIMIKA | Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR) Kabupaten Mimika, Papua, Robert Mayaut menjelaskan pembangunan Jalan Lingkar Luar (Ring Road) dari Mile 32 hingga Pomako sudah terealisasi 7 kilo.

Untuk tahap awal pekerjaan direncanakan sepanjang 11 kilo meter dari Mile 32 hingga ke Gorong-gotong kelurahan Koperapoka dengan estimasi anggaran mencapai Rp400 miliar.

Namun, saat ini pekerjaannya masih dihentikan dahulu karena terkendala keuangan.

“Perencanaannya itu sudah ada 2-3 tahun lalu, jadi kita bikin biar kalau ada kontainer atau truk besar bisa lewat situ,” kata Robert kepada wartawan di Kantor Puspem Mimika, Rabu (4/8/2021).

Terkait jaringan listrik milik PT. Freeport Indonesia dari Check Point (CP) 28 sampai gorong – gorong sebelumnya sudah dikoordinasikan dengan pihak Freeport yang bersedia untuk dipindahkan. Sehingga Robert mengatakan proyek tersebut adalah proyek jangka panjang.

“Kita sudah bertemu juga dengan PT Puncak Jaya Power (PJP) untuk pindahkan Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi (Sutet) itu, tapi katanya mereka masih butuh waktu. karena berhubungan dengan Objek Vital Nasional,” katanya.

Pihaknya juga sudah menjalin komunikasi dengan PT PJP yang menyarankan agar pekerjaan tidak dikerjakan berurutan mengingat ada sejumlah kendala di lapangan, seperti tiang Sutet.

“Loncat – loncat saja pengerjaannya, seumpama ada lokasi terkendala yah mulai dari yang tidak ada kendala, jadi tidak ada batasan waktu harus selesai kapan, kemarin tahun tunggal. Karena kalau mau multiyears harus prediksi kemampuan anggaran kita, saat pandemi ini sulit buat prediksi anggaran,” ungkapnya.

Tanggapi Berita ini
reporter : Kristin Rejang
editor : Batt

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.