Pemda Mimika Berencana Gabungkan Sejumlah OPD, Anggarannya Rp500 Juta

Kabag Ortal Pemda Mimika, Leonard Kareth (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)
Kabag Ortal Pemda Mimika, Leonard Kareth (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)

TIMIKA | Kepala Bagian Organisasi Tata Laksana (Ortal) Sekretariat Daerah (Setda) Mimika Leonard Kareth mengatakan tahun ini ada agenda restrukturisasi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemda Mimika.

Pihaknya sudah menganggarkan sekitar Rp500 juta untuk proses restrukturisasi dan pendampingan OPD.

“Tahun ini kita ada dana, kami akan berkoordinasi lagi dengan pimpinan karena untuk penggabungan dinas, badan atau kantor itu kan dari ortal tidak punya kewenangan,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (24/1/2022).

Namun, proses tersebut kata Leonard masih harus dikoordinasikan dengan Bupati Mimika.

“Kami masih dalam tahap koordinasi dengan pimpinan untuk minta petunjuk langsung, kira-kira mana OPD yang dipertahankan mana yang ada penggabungan,” kata Leonard.

Dikatakan, soal penggabungan dan pemecahan OPD biasanya tergangtung kebijakan daerah yang dilakukan dengan dasar mengenai kemampuan untuk membiayai OPD-OPD.

“Semua bergantung kepada kemampuan anggaran daerah, jika dilihat sementara ini pimpinan dalam hal ini Pak Bupati punya mau supaya pembiayaan itu fokus jadi terarah dan terkontrol, jangan sampai pembiayaan dari daerah itu besar tapi outputnya tidak ada,” katanya.

Meski demikian, kata dia, hingga saat ini pihaknya belum mengetahuii OPD apa saja yang digabungkan

“Jika disetujui maka OPDyang digabubgkan akan kami analisis sekaligus dengan draf peraturan untuk lebih lanjut ditetapkan, tahun ini kami ada dana jadi pasti kami akan melakukan itu, tapi untuk OPD mana itu keputusan pimpinan,” tutupnya.

reporter : Kristin Rejang
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.