Pemda Mimika Rencana Bayar Lahan Irigasi SP7 yang Dibangun Sejak 2016

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Irigasi SP7, Kampung Mulia Kencana (Insert: Jems Sumigar) (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)
Irigasi SP7, Kampung Mulia Kencana (Insert: Jems Sumigar) (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)

TIMIKA | Irigasi yang berada di Kampung Mulia Kencana, SP7 dibangun sejak tahun 2016 lalu oleh Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Dinas Pekerjaan Umum.

Lima tahun menunggu, namun hingga kini, proses pembayaran terhadap pembebasan tanah belum juga terealisasi, dimana masyarakat SP7 yang merasa lahannya terkena imbas pembangunan irigasi hingga kini masih berusaha agar tanah mereka bisa terbayarkan.

Kepala Bidang Pertanahan pada Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Mimika, Papua, Jems Sumigar saat ditemui awak media, Rabu (10/2/2021) di ruang kerjanya menjelaskan untuk Irigasi SP 7, pihaknya sudah memproses dan peta bidang juga sudah terbit saat ini tinggalmenunggu penilaian dari tim appraisal (penilai).

Dijelaskan tahun 2020 tidak bisa diproses karena saat pembuatan peta bidang, baru terbit sudah tanggal 30 Desember 2020.

Selain itu juga, selama 2020 semua kegiatan difokuskan untuk penanganan dan pencegahan Covid 19.

“Tetap kami proses berkaitan dengan penilaian sekarang sudah ada di appraisal sehingga kami menunggu dokumennya dikirim, kalau sudah ada dokumennya, maka kami akan proses,” ujarnya.

“Persoalannya kan kegiatan 2020 kan kekurangan anggaran sehingga kami akan proses di tahun 2021. Semua kita masukan, setelah dihitung berapa anggarannya kita langsung masukan ke anggaran perubahan,”tambahnya.

Dijelaskan, pihaknya menunggu nilai yang pasti karena jika sudah dikeluarkan oleh appraisal adalah nilai yang pasti.

“Contohnya nilai tanah adalah 3,2 M, maka kita masukan semua sehingga tingkat pembayarannya sesuai dengan nilai yang keluar,” jelasnya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Berita Terkait
Baca Juga