Pemda Mimika Serahkan Dokumen LKPJ TA 2019 kepada DPRD untuk Dibahas

SERAHKAN | Penjabat Sekda Mimika Jeny O Usmani menyerahkan dokumen LKPJ dan PP APBD 2019 tahun 2019 kepada Ketua DPRD untuk dibahas. (Foto: Muji/SP)
SERAHKAN | Penjabat Sekda Mimika Jeny O Usmani menyerahkan dokumen LKPJ dan PP APBD 2019 tahun 2019 kepada Ketua DPRD untuk dibahas. (Foto: Muji/SP)

TIMIKA | Meskipun diwarnai dengan aksi ‘walk out’ dari Fraksi Gerindra dan Partai Hanura, pembukaan Rapat Paripurna I Masa Sidang III DPRD Kab. Mimika, tentang laporan keterangan pertanggungjawaban (LKPJ) dan Pembahasan Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD (PP-APBD) Kabupaten Mimika Tahun Anggaran 2019 tetap dilaksanakan.

Kegiatan yang dilakukan di ruang rapat paripurna DPRD Mimika, Rabu (9/9), Penjabat Sekda Mimika Jenny O Usmani hadir mewakili Bupati Eltinus Omaleng dan Wakil Bupati Johannes Rettob menyerahkan dokumen LKPJ untuk dibahas oleh DPRD.

Ketua DPRD Mimika, Robby K Omaleng mengatakan, esuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 13 tahun 2019, tentang laporan dan evaluasi penyelenggaraan pemerintah daerah, disampaikan bahwa kepala daerah wajib menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban ( LKPJ ) kepada DPRD dan dibahas dalam rapat paripurna.

Dari hal tersebut, sebagai bagian dari penyelenggara dan pengawasan, DPRD tetap bersikap kritis terhadap pelaksanaan pembangunan. Tujuannya, agar kegagalan-kegagalan tidak terjadi lagi dan pencapaian target dapat terwujud.

“Diharapkan LKPJ 2019 ini jadi pemandu bagi RPJMD tahun 2019 – 2024. Sebab LKPJ 2019 merupakan tahun terakhir dalam penyelenggaraan RPJMD periode 2014 – 2019. Serta apa yang sudah dilakukan, bisa menginspirasi dan mendasari rencana pembangunan pada periode selanjutnya,” kata Robby dalam sambutannya.

Robby dalam kesempatan tersebut mengapresiasi Pemkab Mimika, karena lima kali berturut-turut mampu meraih WTP oleh BPK. Ini mengisyaratkan bahwa laporan keuangan pemerintahan Mimika, telah memenuhi standar akuntansi yang berlaku dan konsisten

IKLAN-TENGAH-berita

“Dengan disampaikannya materi LKPJ ini, maka DPRD Mimika ikut dapat mencermati secara baik dan dapat dikoordinasikan dengan semua pihak ihak. Namun demikian, pemerintah daerah diminta juga memperhatikan pandangan umum fraksi-fraksi,” tuturnya.

Sedangkan Bupati Mimika Eltinus Omaleng melalui Penjabat Sekda Mimika, Jenny O. Usmani mengatakan, LKPJ tahun anggaran 2019, meliputi realisasi pelaksanaan APBD yang disajikan secara transparan dan akuntabel.

Prev1 of 2

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar