Pemerintah Siapkan Kampus Kedua Universitas Cenderawasih di Timika

Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika, Michael Gomar. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)
Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika, Michael Gomar. (Foto: Anya Fatma/Seputarpapua)

TIMIKA | Pemerintah Kabupaten Mimika diakhir tahun 2021 bakal melaunching program studi di luar kelas utama (PSLKU) Universitas Cenderawasih di Mimika.

Sekda Mimika, Michael Gomar mengatakan, PSLKU ini disebut juga kampus kedua. Ini sesuai dengan aturan dari Kementerian Pendidikan bahwa sudah tidak ada lagi kuliah jarak jauh tetapi disebut program studi di luar kelas utama.

“Jadi ini Kampus kedua (Universitas Cenderawasih) di Mimika,” kata Gomar saat diwawancara di Hotel Horison Ultima Timika, Kamis (16/9/2021).

Semua mahasiswa Uncen yang bekerjasama atau selama ini melakukan kuliah jarak jauh akan mengikuti peraturan ini.

Sebelumnya Kabupaten Yapen dan Biak yang telah membuat kampus kedua Uncen yang berpusat di Jayapura. Mimika akan menjadi kabupaten ketiga dan kampusnya juga akan berpusat di Timika.

“Oleh sebab itu Mimika akan menyiapkan sebagai kelas atau kampus kedua dipusatkan di Timika,” ungkapnya.

Gomar mengungkapkan, pemerintah akan membangun kampus yang direncanakan di sekitaran SP V tahun depan. “Atas petunjuk dari Bupati tahun ini kita akan launching dulu,” katanya.

Diharapkan dengan hadirnya kampus ini mahasiswa-mahasiswa yang selama ini kuliah keluar daerah bisa terhimpun dan berkuliah di Mimika.

Kampus ini nantinya akan berfokus di jenjang strata satu (S1) dengan program studi yang disesuaikan dengan kebutuhan daerah diantaranya kesehatan masyarakat, pendidikan, teknik dan ekonomi.

Di Timika ada teknik pertambangan, sehingga beberapa fakultas akan terinput di program studi teknik itu.

“Nanti mereka dari Uncen akan melakukan assesment sesuai dengan program studi apa yang dibuka karena sesuai dengan kebutuhan daerah nanti,” katanya.

Kampus kedua Uncen ini nantinya akan menjadi perguruan tinggi negeri di Mimika dengan program studi yang sesuai dengan kebutuhan daerah.

“Mereka akan turun untuk melaunching kampus kedua dengan Dirjen Pendidikan dan Uncen,” tutupnya.

reporter : Anya Fatma
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.