Pemilihan Pengurus YPMAK, Pansel akan Dibantu Konsultan

Suasana konferensi pers yang digelar Badan Pembina YPMAK terkait proses pemilihan pengurus YPMAK periode 2024-2029. Foto: Mujiono

TIMIKA, Seputarpapua.com | Kepengurusan Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) periode 2019-2024 akan segera berakhir.

Badan Pembina dan Badan Pengawas pun telah membentuk Panitia Seleksi (Pansel) Pemilihan Pengurus YPMAK Periode 2024-2029. Pansel tidak bekerja sendiri tetapi akan dibantu oleh konsultan rekrutmen.

Ketua Badan Pembina YPMAK, Engel Enoch mengatakan, masa jabatan Pengurus YPMAK periode 2019-2024 akan berakhir pada tanggal 18 Desember 2024.

Kemudian, dalam rapat pembina pada tanggal 8 Desember 2023 lalu dibentuklah pemilihan Pansel.

Pada tanggal 30 April 2024, terpilih 7 orang Pansel dengan masa kerja hingga Desember.

Adapun nama-nama Pansel, sebagai berikut Rachel Lorenzen (Perwakilan PTFI), Paul Laly (Perwakilan Mind-Id), Anace Hombore (Perwakilan Pemerintah), Christian Kainama (Perwakilan Lemasko), Krinus Kum (Perwakilan Lemasa), Lili Hasanuddin (Perwakilan Nirlaba), dan Hary Febriansyah (Perwakilan Profesional).

“Awalnya untuk Pansel hanya 5 orang, tapi setelah adanya koordinasi maka ditambah nirlaba dan profesional. Hal ini bertujuan sebagai bentuk transparansi dan kapabilitas,” kata Enoch saat konferensi pers, Jumat (31/5/224) di Kantor YPMAK, Jalan Yos Sudarso, Mimika, Papua Tengah.

Sejak dibentuk, Pansel telah melakukan beberapa tahapan pekerjaan, yaitu membuat dan menetapkan tata-tertib dan jadwal kerja.

Kemudian merekrut konsultan yang akan membantu Pansel untuk melakukan proses seleksi bakal calon pengurus YPMAK, dengan mengumumkan ke media.

“Dari hasil proses seleksi terhadap konsultan, sebanyak 22 pelamar. Kemudian dilakukan penyeleksian, terpilihlah 5 besar. Kemudian dilakukan seleksi lagi hingga didapatkan 2 besar, dan akhirnya ditetapkan 1 konsultan yang terpilih,” katanya.

Konsultan rekrutmen yang terpilih dan ditetapkan oleh Pembina YPMAK, yaitu PT. ARA Indonesia, dan itu diputuskan pada tanggal 27 Mei 2024.

Pengurus YPMAK yang akan dipilih berjumlah 4 orang sesuai AD/ART YPMAK, yaitu direktur 1 orang 2 orang wakil direktur (Wadir), dan 1 orang sekretaris.

Advertisements

“Berdasarkan AD/ART, direktur wajib dari Amungme dan Kamoro. 3 posisi lainnya (2 wadir dan sekretaris) berdasarkan prioritas dari 2 suku (Amungme dan Kamoro), 5 suku kekerabatan, dan orang asli Papua (OAP). Sementara untuk bendahara ditunjuk oleh pihak donor, yakni PTFI,” terangnya.

Kata dia, Pansel dibantu konsultan perekrutan akan mengajukan detail jadwal. Kemudian seleksi calon kandidat Pengurus YPMAK kepada Pembina pada bulan Juni.

“Semua proses pelaksanaan perekrutan Pengurus YPMAK akan disampaikan secara reguler oleh Pansel melalui website YPMAK, media lokal dan nasional, dan media sosial YPMAK,” kata Enoch.

Advertisements

Enoch juga menjelaskan, pemilihan pengurus YPMAK tidak langsung dilakukan Pansel tetapi dibantu oleh konsultan karena dalam pemilihan pengurus YPMAK dibutuhkan pihak yang berkompeten.dalam hal perekrutan atau pemilihan.

Karenanya dalam penentuan konsultan, pihaknya melihat pengalaman dan rack recordnya.

“Jadi nanti, Pansel dan konsultan akan berkolaborasi, sehingga pelaksanaan pemilihan tidak keluar dari jalur,” ujarnya.

Advertisements

Sementara Anace Hombore perwakilan Pemda Mimika menambahkan, tujuan utama melakukan seleksi adalah untuk memilih 4 anggota pengurus YPMAK.

Adanya konsultan, menurutnya bukan karena Pansel tidak mampu, tetapi harus ada pihak lain yang berkompeten membantu dalam proses pemilihan.

“Karenanya dalam perekrutan konsultan dilakukan pengumuman secara resmi, tidak hanya di Papua tetapi nasional. Terbukti sekitar 22 lembaga yang mendaftar dan terpilih 1. Selain dengan adanya konsultan itu, pemilihan pengurus YPMAK tidak memihak dan terkesan nepotisme,” ungkapnya.

penulis : Mujiono
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan