Pemkab Asmat Hadirkan Bus Air ‘Kamsa 01’

Bupati Asmat Elisa Kambu (Batik Abu-abu) akan menyalakan mesin kapal Bus Air Kamsa 01 sebagai tanda dimulainya operasional kapal tersebut, Sabtu (10/3/2023). (Foto: Aditra/Seputarpapua)
Bupati Asmat Elisa Kambu (Batik Abu-abu) akan menyalakan mesin kapal Bus Air Kamsa 01 sebagai tanda dimulainya operasional kapal tersebut, Sabtu (10/3/2023). (Foto: Aditra/Seputarpapua)

AGATS | Pemerintah Kabupaten Asmat, Papua Selatan, melalui Dinas Perhubungan menghadirkan Bus Air ‘Kamsa 01’ untuk melayani masyarakat.

Bus Air ini diresmikan Bupati Asmat Elisa Kambu yang diawali dengan doa bersama, di Pelabuhan Feri, Kota Agats, Sabtu (10/3/2023).

Bupati Asmat Elisa Kambu mengatakan, Bus Air ini nantinya akan melayani masyarakat dari distrik ke distrik.

“Misalnya, dari Distrik Agats ke Akat, Sawaerna. Kalau laut teduh bisa sampai Distrik Pantai Kasuari,” kata Elisa.

Bus Air ini memiliki kapasitas 28 penumpang dengan mesin kapal di dalam.

Anggaran pengadaan kapal ini menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) yang bersumber dari Kementerian Perhubungan Republik Indonesia.

Elisa berharap, dengan hadirnya Bus Air ini dapat memberikan kemudahan bagi masyarakat. Sehingga mereka tidak perlu lagi mengeluarkan biaya untuk membeli Bahan Bakar Minyak (BBM), jika menggunakan perahu sendiri.

“Mudah-mudahan kapal ini dapat membantu masyarakat. Mereka bisa menghemat biaya BBM dan mengurangi risiko di laut, jika menggunakan perahu sendiri,” tutur Elisa.

Untuk tarif tiket menggunakan Bus Air yang diberi nama Kamsa 01 ini, sementara masih dibahas Dinas Perhubungan. Namun, menurut Elisa untuk saat ini seluruh biaya operasional masih ditanggung Pemkab Asmat.

“Kedepan akan ada tarif setiap tujuan, tapi tentunya sangat murah dan tidak memberatkan masyarakat,” pungkas Elisa.

 

penulis : Aditra
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan