Pemkab Mappi Berhasil Turunkan Angka Stunting

Rapat penilaian kinerja penurunan stunting di Provinsi Papua Selatan. Foto: Dok/Pemkab Mappi

TIMIKA, Seputarpapua.com | Pemerintah Kabupaten Mappi, Papua Selatan berhasil menurunkan angka stunting dan menjadi yang terbaik diantara empat kabupaten lain di Provinsi Papua Selatan.

Pemkab Mappi berhasil menurunkan stunting hingga di angka 13 persen, angka ini berada dibawah angka target nasional yakni 14 persen.

Ini tentu karena komitmen Bupati Mappi dan semua lintas sektor yang bahu-membahu dalam penurunan percepatan stunting.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mappi, dr. Herlina mengatakan, Kabupaten Mappi paling menonjol dari kabupaten lainnya dalam hal penurunan stunting di wilayah Provinsi Papua Selatan.

Hal itu dilihat dari cakupan sasaran anak-anak dan balita yang diukur pada tiga tahun terakhir, cakupannya semakin banyak dan angka stunting yang ditemukan semakin sedikit.

“Berarti lintas sektor mulai dinas kesehatan dan sektor lainnya semakin gigih dalam rangka penurunan stunting di Kabupaten Mappi. Artinya Kabupaten Mappi sangat berkomitmen dalam rangka penurunan angka stunting,” katanya.

Ia menerangkan, angka stunting di Kabupaten Mappi pada tahun 2023 itu diangka 13 persen dan itu sudah dibawah standar yang ditentukan nasional. Diharapkan di tahun 2024 terus mengalami penurunan.

“Kabupaten Mappi sangat luar biasa ditahun 2023 berada di angka 13 persen, angka itu mengalami penurunan yang signifikan dari tahun sebelumnya dimana di tahun 2022 angkanya di 22,99 persen. Artinya penurunan angka stunting sangat signifikan ditiga tahun terakhir ini. Kita mengapresiasi kepada bapak Pj. Bupati Mappi bersama tim percepatan penanagan stunting di Kabupaten Mappi,” kata dr. Herlina.

Ia berharap, di Tahun 2024 ini semakin banyak cakupan anak-anak di Mappi yang diukur berat dan tinggi badan dan angka stunting terus semakin menurun.

Herlina juga mengharapkan agar cakupan imunisasi dasar lengkap semakin naik dan cakupan pemberian zat besi kepaada ibu hamil dan remaja putri semakin naik. “Pada dasarnya teman-teman di Kabupaten Mappi sangat komitmen dalam hal penurunan stunting,” ujarnya.

Adapun kategori untuk Kabupaten di Provinsi Papua Selatan, kategori kualitas dan keterjangkauan Kabupaten Boven Digoel, kategori komitmen pimpinan daerah Kabupaten Merauke
dan Kategori Penurunan Stunting Kabupaten Mappi.

Dikesempatan berbeda, Penjabat Bupati Mappi, Michael Gomar, mengatakan hal ini merupakan prestasi keberhasilan bagi semua OPD yang telah berkolaborasi dan bersinergi dalam penurunan angka stunting di Kabupaten Mappi.

Advertisements

Tentunya tidak sampai disini saja tetapi masih ada tugas dan kerja yang lebih nyata lagi untuk menekan angka stunting di Kabupaten Mappi.

“Saya berharap semua OPD terus berkolaborasi dengan baik dalam rangka menekan stunting di Kabupaten Mappi,” katanya.

penulis : Anya Fatma
editor : Iba

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan