Pemkab Merauke Dukung Penataan Kelembagaan Pemprov Papua Selatan

Bupati Merauke Romanus Mbaraka.
Bupati Merauke Romanus Mbaraka

MERAUKE | Pemerintah Kabupaten Merauke sepenuhnya mendukung Pejabat Gubernur Papua Selatan Apolo Safanpo untuk melakukan penataan kelembagaan Pemerintah Provinsi Papua Selatan.

Bupati Merauke, Romanus Mbaraka menyatakan bahwa Pemkab Merauke bersama Pemkab Boven Digul, Mappi dan Asmat siap berkoordinasi dengan Pemrov Papua Selatan dalam upaya penataan kelembagaan pada pemerintahan Provinsi Papua Selatan yang baru terbentuk itu.

“Beberapa waktu lalu sebenarnya kami harus rapat, tapi karena ada kegiatan lain dan saat itu juga beliau (Pj gubernur) langsung dipanggil kembali ke Jakarta, sehingga dalam waktu dekat pasti kita akan lakukan rapat. Kami semua pasti akan koordinasi dengan beliau, dan kita mendukung pemprov untuk penataan kelembagaannya,” kata Romanus, Rabu (30/11/2022).

Untuk menata kelembagaan Pemprov Papua Selatan, kata dia, langkah awal akan dibentuk panitia seleksi.

Setelah Pansel terbentuk, selanjutnya akan dilakukan seleksi orang per kelembagaan seperti Majelis Rakyat Papua (MRP) Papua Selatan, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Papua Selatan, dan juga organisasi perangkat daerah.

“Sekarang perangkat beliau juga belum lengkap, beliau cuma seorang diri. Rencana sekda dilantik lagi hari ini setelah kemarin sekdanya ditarik, hanya beberapa hari kemudian ditarik. Nah mudah-mudahan sesudah sekdanya dilantik, sudah ada orang kedua untuk selanjutnya dilakukan penataan kelembagaan,” jelas Romanus.

Dalam penataan kelembagaan nantinya, kata Romanus, empat kabupaten komitmen mengusulkan kepada Pemprov Papua Selatan untuk memprioritaskan putra daerah Papua Selatan yakni Merauke, Mappi, Asmat dan Boven Digul untuk ditempatkan atau memimpin berbagai lembaga yang dibentuk.

“Apabila ada putra daerah dengan pangkat satu tingkat di bawah, kita harus bisa ambil kebijakan untuk mereka dipromosi, itu komitmen kami untuk mendorong putra daerah Papua Selatan,” ujarnya.

Romanus menambahkan bahwa penataan kelembagaan Pemprov Papua Selatan juga telah disinggung oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin saat melawat ke Merauke pada 29-30 November 2022.

Ma’ruf Amin meminta agar roda pemerintahan Provinsi Papua Selatan segera berjalan efektif, termasuk peningkatan infrastruktur lintas daerah, infrastruktur pemerintahan dan kelembagaan harus segera ditata.

“Pemprov PPS ini harus segera efektif, itu himbauan dari Wapres siang tadi sebelum ke Timika,” pungkasnya.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Emanuel
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.