Pemkab Mimika Buka Energen Champion SAC Indonesia Papua Qualifiers

Plh Sekda Mimika, Willem Naa membuka iven Energen Champion SAC Indonesia didampingi Sekum KONI Mimika Cesar Avianto Tunya (tengah), Ketua Pengcab PASI Mimika Jacob Toisuta (kanan) dan Sekretaris Dinas Pendidikan Marthen Kanna (kiri). (Foto: Saldi/Seputarpapua)
Plh Sekda Mimika, Willem Naa membuka iven Energen Champion SAC Indonesia didampingi Sekum KONI Mimika Cesar Avianto Tunya (tengah), Ketua Pengcab PASI Mimika Jacob Toisuta (kanan) dan Sekretaris Dinas Pendidikan Marthen Kanna (kiri). (Foto: Saldi/Seputarpapua)

TIMIKA | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, Papua Tengah resmi membuka perhelatan Energen Champion Student Athletics Champions (SAC) Indonesia Papua Qualifiers di Mimika Sport Complex (MSC), Jumat (7/10/2022).

Energen Champion SAC Indonesia yang diikuti oleh sekitar 2.500 pelajar di Kabupaten Mimika ini, akan berlangsung selama tiga hari, hingga 9 Oktober 2022.

Opening ceremony atau pembukaan secara resmi kegiatan ini, berlangsung siang tadi dan dilakukan oleh Pemkab Mimika dalam hal ini Plt Bupati Johannes Rettob yang diwakili Plh Sekda Willem Naa.

Dalam pembukaan, Plh Sekda didampingi Sekretaris Umum KONI Mimika, Cesar Avianto Tunya bersama Ketua Pengcab PASI Mimika Jacob Toisuta dan Sekretaris Dinas Pendidikan Mimika, Marthen Kanna.

Dalam sambutan Plt Bupati yang dibacakan Plh Sekda Willem Naa, Ia mengatakan bahwa cabang olahraga (cabor) atletik merupakan cabor unggulan di Papua, secara khusus Mimika yang senantiasa berpartisipasi aktif dan berkontribusi dalam iven daerah maupun nasional.

Kontribusi itu disebut merupakan prestasi yang patut dibanggakan dan membuktikan bahwa insan olahraga Mimika merupakan generasi aktif.

“Kemampuan dalam bidang olahraga tidak diperoleh secara instan, tetapi diperlukan latihan-latihan untuk lebih mengembangkan teknik dan permainan dalam masing-masing bidang olahraga,” katanya.

Melalui kegiatan Energen Champion SAC Indonesia ini, diharapkan dapat melahirkan atlet atletik berbakat yang nantinya dapat mengharumkan nama Kabupaten Mimika dan Papua secara umum baik di tingkat nasional maupun internasional.

Yangmana kompetisi atletik usia dini atau tingkat sekolah ini, disebut bahwa misi utamanya adalah menjadi booster partisipasi dan popularitas atletik bagi pelajar mulai tingkat SD hingga SMA. Sehingga diharapkan juga semua pihak dapat menebar jala untuk menemukan bibit-bibit potensial di Indonesia khususnya di Papua.

Hari pertama iven Energen Champion SAC Indonesia di arena MSC, panitia melakukan penyisihan beberapa nomor cabor atletik, lari 800 meter untuk tingkat SMP (putri), lompat jauh tingkat SMA (putri), tolak peluru tingkat SMP (putri), lari 800 meter tingkat SMP (putra), sprint 80 meter tingkat SMP (putra dan putri).

Kemudian penyisihan nomor sprint 60 meter tingkat SD (putra dan putri), lompat jauh tingkat SMA (putra), tolak peluru tingkat SMP (putri), serta sprint 100 meter tingkat SMA (putra dan putri).

Antusias peserta mengikuti iven sangat baik, apalagi dukungan dari kerabat dan keluarga yang membuat suasana penyisihan sejak pagi hingga petang tetap ramai dengan sorak sorai dukungan para penonton maupun ofisial dari atas tribun.

Iven ini masih akan berlanjut besok, Minggu, 8 Oktober 2022 dengan beberapa nomor lomba seperti lari estafet atau relays, hingga atletik anak (kids’ athletics) berupa Kanga’s Escape dan Formula One.

Reporter: Saldi
Editor: Filex

Tanggapi Berita ini
reporter : Saldi
editor : Felix

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.