Pemkab Mimika Kirim Kontingen Ikuti Kejuaraan Olahraga Antar Pelajar se-Papua Tengah

Kepala Disparbudpora Mimika, Yacob Toisuta, saat ditemui di Kantor Distrik Iwaka pada Senin, 17 Juli 2023. (Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua)
Kepala Disparbudpora Mimika, Yacob Toisuta, saat ditemui di Kantor Distrik Iwaka pada Senin, 17 Juli 2023. (Foto: Fachruddin Aji/Seputarpapua)

TIMIKA | Pemerintah Kabupaten Mimika, Selasa (18/7/2023), mengirim kontingen untuk mengikuti kejuaraan olahraga antar pelajar se- Provinsi Papua Tengah yang digelar Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Papua Tengah di Kabupaten Nabire.

Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Mimika Yacob Toisuta yang ditemui pada Senin, 17 Juli 2023 mengungkapkan, para atlet usia pelajar tersebut akan mengikuti lima cabang olahraga (Cabor) yaitu atletik, basket, sepakbola (umur 12-16 tahun), voli, dan futsal.

“Ini bukan dalam rangka (apapun) tetapi ini kejuaraan yang diselenggarakan Dinas Olahraga Provinsi Papua Tengah dan khusus untuk Papua Tengah saja,” ujarnya.

Peserta yang mengikuti kejuaraan ini ada 8 kabupaten yang tergabung dalam Provinsi Papua Tengah. Kontingen yang dikirim dari Kabupaten Mimika berjumlah 57 orang.

“Itu sudah semua (termasuk atlet, pelatih dan official), kalau atletnya jumlahnya berapa saya lupa,” ucapnya.

Ditanya soal target, Yacob mengatakan tidak ingin terlalu muluk-muluk. Namun ia dengan optimis mengatakan minimal bisa menjadi juara.

“Kalau dilihat dari kabupaten lain kan kita fasilitas (olahraga) nya lebih siap, jadi saya mengharapkan hasilnya minimal ada bawa pulang juara,” ungkapnya.

“Jangan kita pergi, pulang tanpa apa-apa,” imbuhnya.

Batas usia atlet yang dikirimkan adalah 18 tahun, mulai dari SMP kelas 3 sampai SMA kelas 1 yang merupakan pelajar gabungan dari semua sekolah di Mimika.

Terkait pemilihan atlet, Yacob mengatakan Disparbudpora menyerahkan seluruhnya kepada masing-masing cabor untuk memilih.

“Contohnya bola kaki itu ditangani oleh dua pelatih, satu pak Ferdi untuk U-16 sedangkan U-12 ditangani oleh Rey Sukoi. Sedangkan atletik dimentori oleh Eddy Womsiwor, kemudian basket oleh Pak Sofyan, kemudian voli langsung ditangani oleh pelatih dari Sekolah Asrama Taruna Papua (SATP), futsal ditangani oleh Elfry,” jelasnya.

Khusus atlet cabor voli, kata Yacob, seluruhnya berasal dari SATP.

“Persiapan sudah dilakukan, sebab kejuaraan ini ada sedikit penundaan, awalnya itu bulan kemarin tanggal 19, tetapi karena ada sedikit situasi dan kondisi di Nabire waktu itu akhirnya dimundur sampai penyelenggaraan pada tanggal 17 Juli 2023, tetapi kontingen Mimika dapat tiket hari Selasa, dan Kamis,” tutupnya.

penulis : Fachruddin Aji

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *