Pemkab Mimika Monitoring dan Evaluasi Rencana Aksi Daerah

Suasana kegiatan monitoring dan evaluasi RAD TPB/SDGs. (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)
Suasana kegiatan monitoring dan evaluasi RAD TPB/SDGs. (Foto: Kristin Rejang/Seputarpapua)

TIMIKA | Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) melaksanakan Monitoring dan Evaluasi Rencana Aksi Daerah (RAD) Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) Sustainable Development Goals (SDGs).

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kantor Bappeda, Kamis (7/7/2022), dan dihadiri sejumlah perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Sekretaris Bappeda, Yosep Manggara menjelaskan, monitoring dan evaluasi bertujuan untuk mengamati perkembangan pencapaian RAD TPB/SDGs dari waktu ke waktu.

Selain itu juga untuk mengukur kemajuan pencapaian target dengan menggunakan indikator yang telah ditetapkan, yakni mengidentifikasi, serta mengantisipasi permasalahan yang timbul sehingga dapat mengambil tindakan sedini mungkin.

Tidak hanya itu, juga untuk memberikan gambaran atas capaian RAD TPB/ SDGs dan menganalisis permasalahan serta faktor penyebabnya.

“Sehingga hasil evaluasi menjadi umpan balik bagi perbaikan perencanaan kebijakan program dan kegiatan, khususnya yang terkait dengan TPB/SDGs. Agenda kita ada dua, pertama monitoring program kerja yang menyasar pada tujuan pembanguan berkelanjutan, dan kedua menyusun rencana aksi tahun 2023,” jelas Yosep.

Ia juga mengatakan, monitoring atau pemantauan dan evaluasi ini guna memantau kegiatan atau program yang sementara berjalan, sehingga dapat dipantau kemajuan-kemajuan yang sedang berlangsung.

Sementara itu, Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik, Septinus Timang, mengatakan bahwa pembangunan berkelanjutan merupakan program Pemerintah untuk menyelesaikan masalah kemiskinan, dan persoalan pangan serta persoalan-persoalan lainnya di Kabupaten Mimika.

“Sampai saat ini kita masih memiliki kesenjangan yang menjadi tugas kita bersama. Hari ini kita melakukan evaluasi untuk melihat kembali progresnya dari rencana aksi daerah TPB/SDGs sudah sejauh apa, karena ini akan menjadi bahan acuan kita untuk menyusun rencana pembangunan pada tahun mendatang,” pungkasnya.

reporter : Kristin Rejang
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.