Pemkab Mimika Mulai Bersiap Hadapi New Normal

Kendaraan yang melintas pada saat pemberlakuan PSDD di Mimika. (Foto: Anya/SP)
Kendaraan yang melintas pada saat pemberlakuan PSDD di Mimika. (Foto: Anya/SP)

TIMIKA | Pemerintah Republik Indonesia mulai bersiap menjalani new normal dimasa Pandemi Covid-19 saat ini.

Aturan hidup baru yang penuh dengan protokol kesehatan mau tidak mau wajib diikuti oleh seluruh masyarakat di Indonesia termasuk di Kabupaten Mimika, Provinsi Papua.

Juru bicara percepatan dan pengendalian Covid-19 Mimika, Reynold Ubra mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Mimika juga tentu akan mengikuti jika new normal merupakan kebijakan pemerintah pusat.

“Jika itu menjadi kebijakan pusat, maka di Kabupaten Mimika pun Pemda pasti akan siap untuk melakukan itu,” katanya di Timika, Rabu (27/5).

Tetapi kata dia, harus berbasis pada bukti (evidence based medicine) jumlah kasus positif Covid-19 di Kabupaten Mimika.

“Tapi tentu harus berbasis bukti evidence based, kan melihat hasil dari PSDD ini kira-kira memberikan dampak seberapa besar jumlah reproduksi kasus Covid-19 di Kabupaten Mimika,” jelas Reynold.

Menurutnya, protokol kesehatan tentang bagaimana kehidupan normal yang baru sudah dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan baik untuk sekolah-sekolah, perkantoran maupun industri.

“Itu tidak bisa dilakukan langsung tapi harus step by step. Pada sub populasi mana yang harus kita lakukan terlebih dahulu, tentu saja sub populasi yang mudah diorganisir,” tuturnya.

Reynold menyebut, sekolah dan perkantoran merupakan contoh sub populasi yang mudah diorganisir. Lanjutnya, pusat perbelanjaan seperti supermarket hingga perhotelan juga menurutnya mudah diorganisir.

“Tetapi pasar tradisional ini menjadi tantangan tersendiri untuk diberlakukan ini,” ujarnya.

Meski begitu, Ia optimis bahwa Pemerintah Kabupaten Mimika pasti siap untuk bisa melakukan new normal.

“Saya optimis Pemerintah Kabupaten Mimika pasti siap untuk bisa melakukan itu, dan tetap mengikuti protokol yang telah ditetapkan oleh kementerian kesehatan,” tambahnya.

Reporter: Anya Fatma
Editor: Batt

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar