Pemkab Mimika Siap Bahas UMK 2023

Kepala Disnakertrans Mimika, Paulus Yanengga.
Kepala Disnakertrans Mimika, Paulus Yanengga.

TIMIKA | Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Mimika, Papua Tengah siap membahas besaran Upah Minimum Kabupaten (UMK) tahun 2023.

Kepala Disnakertrans Mimika Paulus Yanengga mengungkapkan, tanggal 30 November mendatang akan dilakukan sidang penetapan UMK tahun 2023.

“Kita sidang tanggal 30, di provinsi tanggal 31,” kata Paulus saat diwawancara di Timika, Kamis (17/11/2022).

Untuk besaran UMK nanti, Paulus menyebut ada rumus yang dipakai untuk menghitung.

“Nanti kita akan bahas dengan pengusaha-pengusaha dan juga Apindo, baru kita sepakati dan tetapkan,” katanya.

Diketahui bersama, dua tahun terakhir tidak ada kenaikan UMK. Untuk tahun 2023 nanti juga belum diketahui berapa besaran kenaikannya.

“Secara nasional biasanya dikasih tahu rumusnya setiap tahunnya. Berdasarkan rumus itu pemerintah dan Apindo siapkan baru sidang, lalu kita sepakati dan tetapkan,” tuturnya.

Kalaupun akan ada kenaikan akan dibahas bersama pengusaha mengingat baru saja melewati masa pandemi. “Pengusaha baru bernafas terus kita kasih naik kan bisa masalah lagi,” tambahnya.

Paulus mengatakan, pada persidangan nanti akan diminta aspirasi dari masing-masing perusahaan maupun dari Apindo terkait dengan penetapan UMK.

“Lalu kita hitung rumusnya sama-sama dan kita sepakati baru kita tetapkan supaya tidak ada yang merasa keberatan,” katanya.

Pemerintah pastinya akan mengupayakan kenaikan UMK, mengingat adanya kenaikan BBM yang tentu berdampak pada biaya kehidupan.

“Tetap pemerintah akan perhatikan tenaga kerja,” ucapnya.

Paulus menambahkan, setiap perusahaan wajib membayar karyawannya sesuai UMK yang ditetapkan dan berlaku.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Anya Fatma
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.