Pemkab Mimika Siapkan Puluhan Faskes untuk Pemberian Vaksin Covid-19

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Kepala Dinas Kesehatan, Reynold Ubra.
Kepala Dinas Kesehatan, Reynold Ubra

TIMIKA | Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika Reynold Ubra menegaskan telah menyiapkan tempat-tempat atau fasilitas kesehatan (Faskes) untuk pemberian vaksin Covid-19.

Dijelaskan, Faskes dibedakan menjadi dua diantaranya Faskes utama dan pos pelayanan imunisasi Covid-19.

Faskes utama ini telah memenuhi tiga kriteria yang ditetapkan oleh Kementerian Kesehatan, diantaranya memiliki tenaga vaksinator terlatih, memiliki rantai dingin atau cold change (tempat penyimpanan vaksin yang dikontrol setiap saat) dan memiliki surat ijin operasional Faskes.

“Ada 21 Puskesmas karena sudah terregistrasi di Kemenkes memiliki kriteria itu, ditambah dengan RSUD Mimika, RSMM dan RS Tembagapura,” katanya saat diwawancara di Hotel Grand Mozza Timika, Senin (11/1/2020).

Selain Faskes itu, ada 35 pos pelayanan diantaranya dua Puskesmas, klinik swasta dan dokter praktek mandiri.

Semua Faskes yang digunakan tentu yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan karena semua orang yang menjadi sasaran vaksin didaftarkan oleh petugas melalui aplikasi p-care (primary care) yang selama ini sudah biasa digunakan.

“Jadi tinggal misal saya tinggal di Timika Jaya maka kepesertaan saya ada di Puskesmas Timika Jaya. Saya nanti akan dihubungi setelah didaftarkan oleh petugas Puskesmas, akan ada notifikasi lewat SMS untuk mengatur jadwal dan sesi saya,” jelas Reynold.

Katanya, dalam satu sesi ada sekitar 20 orang yang akan divaksinasi. Satu Faskes diperkirakan bisa memberikan vaksinasi hingga enam sesi dengan tidak mengabaikan atau mengesampingkan pelayanan utama pada Faskes.

 

Reporter: Anya Fatma
Editor:Misba
Berita Terkait
Baca Juga