Pemkab Mimika Siapkan Rp160 Miliar Tangani Covid-19

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Mimika Reynold Ubra. (Foto: Sevianto/SP)
Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Mimika Reynold Ubra. (Foto: Sevianto/SP)

TIMIKA | Pemerintah Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, menyiapkan anggaran Rp160 miliar untuk menangani wabah virus corona baru atau Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Mimika Reynold Ubra mengatakan, anggaran tersebut merupakan hasil rasionalisasi di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Mimika.

“Itu kami rasionalisasi dari kegiatan yang betul-betul tidak bisa berjalan,” kata Reynold, yang juga Plt. Kepala Dinas Kesehatan Mimika, Kamis (26/3).

Khusus Dinas Kesehatan, kata Reynold, anggaran yang direalokasi untuk penanganan pandemi global ini sebesar Rp37 miliar antaralain bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK).

“Tentu saja kami tetap taat dan patuh secara administrasi. Jangan sampai situasi sudah seperti ini, lalu administrasi kami langgar dan dalam pelaksanaan tidak sesuai, pada akhirnya berurusan dengan hukum,” ujarnya.

Sebelumnya, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mendorong pemerintah daerah agar merealokasi atau mengalihkan APBD untuk pencegahan dan penanganan Covid-19.

IKLAN-TENGAH-berita

Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 6 Tahun 2020 dan Permendagri Nomor 20 Tahun 2020 tentang Izin Revisi APBD.

Beberapa anggaran belanja daerah yang bisa direalokasikan, antara lain anggaran perjalanan dinas maupun anggaran belanja untuk keperluan rapat yang sekiranya tidak mendesak.

“Termasuk Dana Desa bisa digunakan untuk menangani Covid-19. Kecuali dana Otsus, itu tidak masuk,” kata Reynold.

Prev1 of 2

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar