Pemkab Mimika Siapkan Sejumlah Skenario Tangani Meningkatnya Pasien Positif Covid-19

KETERANGAN - Kepala Dinas Kesehatan Mimika Reynold Ubra (kiri) yang didampingi Kabag Humas Setda Mimika Mozes Yarangga saat memberikan keterangan kepada awak media. (Foto : Muji/SP)
KETERANGAN | Kepala Dinas Kesehatan Mimika Reynold Ubra (kiri) yang didampingi Kabag Humas Setda Mimika Mozes Yarangga saat memberikan keterangan kepada awak media. (Foto: Muji/SP)

TIMIKA | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, Papua saat ini tengah menyiapkan sejumlah skenario untuk penangan pasien positif Covid-19 di wilayah itu.

Meningkatnya jumlah pasien positif Covid-19 dalam dua pekan terakhir menjadi alasan utama karena layanan kesehatan rujukan sudah tak mampu lagi menangani pasien karena keterbatasan fasilitas pendukung.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Mimika, Reynold Ubra menerangkan, dalam dua minggu terakhir, penambahan kasus positif Covid-19 sebanyak 672 kasus.

Apabila dirata-ratakan dalam satu hari ada 37 kasus. Ditambah adanya jumlah 10 kasus yang meninggal dunia.

“Secara kumulatif Covid-19 di Mimika telah mencapai 1.800 kasus. Namun masih ada 3.500 kasus lagi yang memang harus dicari, dideteksi, traching, dan isolasi,” kata Reynold kepada awak media di Hotel Grand Mozza Timika, Rabu (7/10).

Ini menggambarkan bahwa Covid-19 berpindah dari orang sakit ke orang sehat sangat cepat. Hal ini juga dipengaruhi oleh pergerakan dan kerumunan, serta ketidakdisiplinan dalam melaksanakan protokol kesehatan.

IKLAN-TENGAH-berita

“Peningkatan kasus yang terjadi merupakan gambaran ketidakdisiplinan penerapan protokol kesehatan. Serta masih ada ketidakpercayaan masyarakat terhadap Covid-19,” katanya.

Kata dia, saat ini masih banyak masyarakat berpendapat bahwa Covid sudah tidak ada, dan berangggapan penyakit ini (Covid-19) hanya menyerang suku-suku tertentu.

Prev1 of 2

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar