Pemkab Mimika Telah Memesan 1.000 Rapid Test Covid-19

Ilustrasi Rapid Test
Ilustrasi Rapid Test

TIMIKA | Pemerintah Kabupaten Mimika melalui Tim Gugus Tugas Percepatan Pengendalian (TGTPP) Covid-19 telah memesan 1.000 alat rapid test.

“Jadi kami sedang memesan 1.000 alat rapid test,” kata Juru Bicara TGTPP Covid-19, Reynold Ubra dalam video conference bersama media, Kamis (9/4) malam.

Reynold mengungkapkan, dari 1.000 rapid test itu akan diprioritaskan untuk melakukan test terhadap kurang lebih 300 orang yang berstatus OTG hingga ODP.

Alat itu sendiri diperkirakan akan datang pada akhir Bulan April.

“Sementara kalau dalam waktu dekat, sampai tanggal 23 April, kami membeli rapid test dan akan melakukan tes masal,” ungkapnya.

“Sekitar 250 orang, kita periksa dan kita pantau, itu paling tidak bisa memberikan gambaran kedepan seperti apa, ” tambah

IKLAN-TENGAH-berita

Reynold optimis bahwa pada akhir April nanti penyebaran virus corona di Timika akan menurun.

“Tapi saya melihat bahwa diakhir April nanti turun,” ujarnya.

Menurutnya, tantangan TGTPP saat ini adalah melakukan pemeriksaan untuk mengetahui status ODP dan OTG.

Jika dilihat dari jumlah PDP yang dirawat dan jumlah ODP, OTG, maka diketahui bahwa jumlah ODP, OTG ini lebih banyak ditemukan dari hasil tracing contact.

“Untuk pemeriksaan labnya akan jauh lebih penting supaya mengetahui atau bisa mengestimasi berapa besar kasus yang belum dibongkar,” jelasnya.

Saat ini, tim terus bekerja agar bisa menjaga bagaimana yang berstatus ODP bisa turun menjadi OTG, dan OTG bisa dinyatakan sembuh.

“Ini akan jauh lebih baik kalau ada test cepat atau rapid test supaya kita bisa memastikan yang belum dinyatakan sembuh ini bisa dites lebih awal,” katanya.

“Virus transport media (VTM) sudah ada, jadi semua kontak erat akan dijadwalkan oleh rumah sakit untuk diperiksa lebih awal,” ungkap Reynold.

Reporter: Anya Fatma
Editor: Aditra

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar