Pemkab Mimika Terima Edaran Perpanjangan Kerja dari Rumah Bagi ASN

Pegawai Pemkab Mimika Usai Mengikuti Apel. (Foto: Anyafatma/SP)

TIMIKA | Pemerintah Kabupaten Mimika, Papua, telah menerima surat edaran perpanjangan kerja dari rumah bagi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Surat edaran itu berasal dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PANRB), dan Gubernur Papua Lukas Enembe.

Adapun surat edaran Menpan RB Nomor 34 Tahun 2020 tentang penyesuaian sistem kerja ASN, dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungan instansi pemerintah diperpanjang sampai dengan tanggal 21 April 2020, dan akan dievaluasi lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan.

Sementara, surat edaran Gubernur Papua, berkaitan dengan penyesuaian sistem kerja ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua, terhitung mulai tanggal 1 April sampai dengan 9 April 2020 ASN menjalankan tugas kedinasan atau bekerja di rumah, dan mulai masuk kantor kembali pada Selasa 14 April 2020.

Sekretaris Daerah Kabupaten Mimika Marthen Paiding mengaku sudah menerima surat edaran tersebut.

“Itu kan sudah ada surat edaran dari Menteri PANRB bahwa kita sampai tanggal 21, Kemudian ada lagi surat edaran dari Gubernur tadi saya baru terima, kalau kami itu sampai tanggal 14 di Papua,” katanya saat dihubungi jurnalis Seputar Papua melalui telepon seluler, Selasa (31/3).

Untuk menindaklanjuti surat edaran tersebut, Sekda Marthen menyebut tentunya Bupati Mimika Eltinus Omaleng juga akan mengeluarkan surat edaran terkait dengan perpanjangan waktu kerja dari rumah.

“Tentunya nanti kan bupati juga akan melakukan surat edaran terkait dengan perpanjangan waktu kerja dari rumah,” kata Marthen.

Dalam edaran Menteri PANRB juga disampaikan bahwa para Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) memastikan ASN di lingkungan Kementerian, lembaga atau daerah mencapai sasaran kerja dan memenuhi target kinerja sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai disiplin pegawai.

“Tapi kan surat MENPANRB maupun gubernur itu bahwa memang diperpanjang, tapi setiap hari setiap pejabat harus membuat report apa yang mereka kerjakan dari rumah,” ungkap Marthen.

Kata dia, hal itu juga nanti akan disosialisasikan kepada pejabat maupun ASN di lingkup Pemkab Mimika.

“Ini mungkin yang nanti kamu sosialisasikan kepada teman-teman,” ujarnya.

Meski demikian, Marthen mengaku belum dapat memberikan komentar lebih jauh terkait perpanjangan kerja dari rumah bagi ASN ini, karena hal itu merupakan kebijakan Bupati Eltinus Omaleng.

“Jangan sampai pak bupati juga mengambil kebijakan, ya lihat perkembangan situasi dan kondisi di Kabupaten Mimika, mungkin bupati mengambil kebijakan yang lain. Jadi saya tidak bisa mendahului beliau punya kebijakan,” jelasnya.

 

Reporter: Anya Fatma
Editor: Aditra

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar