Pemkab Yahukimo Berencana Rapid Test Seluruh Warganya

Abock Busup
Abock Busup

JAYAPURA | Pemerintah Kabupaten Yahukimo menyatakan akan melakukan Rapid Test secara massal kepada seluruh masyarakat di kabupaten tersebut.

Bupati Yahukimo, Abock Busup mengatakan, rencananya tes massal itu akan dilakukan bulan Juni 2020 mendatang.

“Kami sudah minta bantuan Hercules dari Bandara Halim (Jakarta) ke bandara Nop Goliat Dekai (Yahukimo) untuk mengangkut baik Alat Pelindung Diri (APD), alat repid test dan bahan pokok yang akan dibagi kepada masyarakat yahukimo untuk lima bulan kedepan,” katanya Abock Busup kepada wartawan saat dihubungi melalui telepon, Selasa (12/5).

“Untuk itu semua, kami sudah disiapkan dana sebesar Rp.70 miliar dengan rincian belanja Alat Kesehatan Rp.37 miliar, Sembako untuk lima bulan kedepan Rp.20 miliar, Bantuan Langsung Tunai (BLT) ke 2.000 orang anggaran sebesar Rp.3 miliar, bantuan mahasiswa di 23 kota studi dan diluar negeri Rp. 2 miliar dan untuk tim Gugus Tugas Covid-19 Yahukimo sebesar Rp.7 miliar,” jelasnya.

Ia menambahkan, sebenarnya rapid test di Kabupaten Yahukimo sudah berjalan dari bukan Maret, namun hanya untuk orang yang benar-benar miliki kontak erat dengan positif Covid-19.

Untuk itu, pada Juni mendatang baru diadakan tes massal kepada seluruh masyarakat termasuk ODP dan PDP di daerah itu.

“Untuk sembako akan kita Stock selama lima bulan kedepan terhitung dari bulan Juni hingga November 2020, selain Hercules yang akan mengangkut bahan makanan kami juga sudah siapkan kapal LCT, “ lanjutnya.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Yahukimo juga telah menyiapkan penginapan bagi para dokter, suster dan mantri di hotel Yahukimo 2 dengan jumlah 30 kamar.

 

Reporter: Berti
Editor: Batt
Tanggapi Berita ini

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.