Pemkot Jayapura Gelar Tes Cepat Massal di Empat Pasar Tradisional

Pelaksanaan tes cepat di salah satu pasar di Kota Jayapura. (Foto: Antara/HO-Humas Pemkot Jayapura)
Pelaksanaan tes cepat di salah satu pasar di Kota Jayapura. (Foto: Antara/HO-Humas Pemkot Jayapura)

JAYAPURA | Pemerintah Kota Jayapura, Provinsi Papua menggelar tes cepat massal di empat pasar tradisional yakni Hamadi, Pasar Pagi Paldam, Pasar Sore Cigombong dan Youtefa.

Wakil Wali Kota Jayapura Rustan Saru mengatakan dari empat pasar, sudah tiga pasar yang selesai, yakni Hamadi, Paldam dan Cigombong.

“Sedangkan untuk Pasar Youtefa, pemeriksaannya akan selesai dalam dua hari,” katanya di Jayapura, Selasa (23/6).

Menurut Rustan, untuk tiga pasar yang sudah selesai dilakukan tes cepat, proses pemeriksaan cairan di tenggorokan (tes usap) hanya di Pasar Hamadi yang sudah rampung.

“Paling banyak temuan kasus di Hamadi karena yang diperiksa juga warga yang tinggal di situ, total 6.954 orang yang dilakukan tes cepat di mana terdapat 1.119 yang reaktif, dari situ dapat 47 persen yang positif atau sekitar 420 orang,” ujarnya.

Dia menjelaskan untuk tes cepat massal di Pasar Pagi Paldam, dari 495 yang diperiksa hasilnya 61 orang reaktif.

“Namun sampai kini, baru 16 hasil PCR yang selesai diperiksa dan hasilnya 10 pedagang dinyatakan positif,” katanya lagi.

Dia menambahkan sedangkan di Pasar Cigombong, dari 269 yang dilakukan tes cepat, hanya empat yang reaktif, hasil pemeriksaan tes usapnya masih menunggu.

Sekadar diketahui, total sementara dari pemeriksaan di tiga pasar tradisional adalah 430 pasien positif virus corona di mana pada hari pertama Senin (22/6) sudah 523 orang yang diperiksa dan hasilnya 73 reaktif.

 

Sumber : Antara
Editor : Batt

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar