Pemprov Papua Barat Upayakan Proyek Perkeretapian Mulai 2020

Agustinus Kadakolo
Agustinus Kadakolo

MANOKWARI | Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat mengupayakan proyek perkeretaapian di daerah tersebut dapat dimulai pada tahun 2020.

Kepala Dinas Perhubungan Papua Barat, Agustinus Kadakolo menjelaskan saat ini sudah ada investor yang siap membiayai pembangunan proyek tersebut dan pemerintah daerah akan segera menyelesaikan beberapa kekurangan serta dokumen persyaratan pembangunannya.

“Di antaranya izin lingkungan atau amdal (analisa dampak lingkungan), alih fungsi lahan dari KLHK (Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan), pembebasan lahan serta rekomendasi para bupati serta wali kota,” ucap Kadakolo di Manokwari, Senin (22/6).

Sebetulnya, lanjut dia, dokumen amdal proyek tersebut telah siap sejak tahun lalu namun harus kembali dilakukan revisi. Untuk rekomendasi para kepala daerah tersisa Bupati Kabupaten Sorong.

“Rekomendasi Pak Gubernur siap diterbitkan kalau seluruh bupati dan wali kota sudah menyerahkan. Kami juga akan segera mengajukan alih fungsi lahan ke KLHK, ini perlu dilakukan karena jalur kereta api ini akan melintasi kawasan hutan lindung,” ujarnya lagi.

Sedangkan pembebasan lahan, lanjut Kadakolo, Pemprov Papua Barat Barat akan berkoordinasi dengan seluruh kabupaten/kota agar tahap awal pembangunan ini berjalan lancar. Setelah seluruh dokumen siap, pihaknya akan mengajukan ke Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan.

Pekan lalu telah dilaksanakan pertemuan antara Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan dan sejumlah jajaranya bersama perwakilan dari investor yang akan membiayai pembangunan itu. Para investor dalam negeri itu siap membiayai pembangunan seluruh sarana perkeretaapian dari pemasangan rel hingga stasiun.

Jalur kereta api di Papua Barat akan menghubungkan seluruh kabupaten/kota. Diperkirakan proyek ini membutuhkan anggaran sekitar Rp38 triliun.

“Dimulai dari Kota Sorong, terbentang sampai di Manokwari dengan panjang sekitar 500 kilometer. Kita upayakan tahun ini ground breakring (peletakan batu pertama) bisa dilakukan,” ujarnya.

Ia berharap masyarakat mendukung pembangunan tersebut. Kehadiran kereta api akan memperlancar mobilitas penumpang maupun barang di seluruh daerah.

“Kalau sudah ada kereta api maka masyarakat punya alternatif baru dalam memilih moda transportasi. Jalur perdagangan semakin terbuka bagi petani dan nelayan. Sektor lain pun pastinya akan tumbuh,” katanya.

 

Sumber : Antara
Editor : Batt

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *