Pemprov Papua Beri Kebijakan Khusus soal Transportasi Laut dan Udara

TANDA TANGAN | Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal menandatangani perpanjangan masa tanggap darurat Covid-19. (Foto: Berti/SP)
TANDA TANGAN | Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal menandatangani perpanjangan masa tanggap darurat Covid-19. (Foto: Berti/SP)

JAYAPURA | Pemerintah Provinsi Papua mengambil kebijakan khusus transportasi udara maupun laut untuk mengangkut penumpang dari dan ke Papua dimulai tanggal 08 Juni 2020.

Wakil Gubernur Provinsi Papua Klemen Tinal mengatakan, masyarakat bisa bepergian baik melalui pesawat udara maupun kapal laut.

“Namun, harus tetap menaati prosedur kesehatan yang berlaku, contohnya memakai masker, jaga jarak, dan tidak lupa untuk membawa hasil rapid test atau PCR mereka,” katanya.

Kebijakan tersebut disampaikan Wagub Klemen Tinal kepada wartawan usai mengikuti rapat terbatas bersama Forkopimda di Jayapura, Rabu (03/06).

“Yang mulai jalan pertama adalah kapal laut pada tanggal 08 Juni dan disusul dengan penerbangan yang mulai berjalan pada 10 Juni 2020,” jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Papua Reky Douglas Ambrauw mengatakan, untuk penerbangan dibatasi yang hanya dijadwalkan dari Jakarta ke Papua dan sebaliknya.

“Dengan pembatasan satu hari hanya satu pesawat yang terbang,” katanya.

Selain itu, penumpang yang berangkat juga dibatasi. Hanya 50 persen dari kapasitas angkut pesawat diizinkan. Sebab, dalam pesawat diwajibkan physical distancing.

“Jadi 50 persen lainnya tidak diizinkan, kendati dalam pesawat pun harus jaga jarak sesuai protokol kesehatan yang berlaku. Jadi pesawat tidak boleh full,” terang Reky.

Tidak itu saja, jadwal keberangkatan pesawat juga dibatasi. Maskapai tidak diperbolehkan beroperasi secara bersamaan dalam satu hari guna mengurangi kepadatan bandara.

“Saya contohkan, seperti hari ini pesawat Garuda Indonesia yang terbang, lalu besok Batik Air, Citilink, Sriwijaya dan berikut nya Lion Air. Jadi semua akan terjadwal secara teknis,” pungkasnya.

 

Reporter: Berti
Editor: Sevianto

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar