Pemprov Papua Pegunungan Komitmen Ubah Konflik Jadi Kedamaian

Papan nama Kantor Gubernur Provinsi Papua Pegunungan. (Foto: Antara)
Papan nama Kantor Gubernur Provinsi Papua Pegunungan. (Foto: Antara)

TIMIKA, Seputarpapua.com | Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Tengah saat ini berupaya merubah suasana konflik dan kekerasan menjadi kedamaian dan kompetisi.

Upaya ini disampaikan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Papua Pegunungan Velix Vernando Wanggai, saat ditemui di pelataran Graha Eme Neme Yauware, Mimika, Papua Tengah, Senin (24/6/2024).

Kata dia, ada beberapa tugas yang diberikan oleh pemerintah pusat kepada dirinya selaku Pj Gubernur Papua Pegunungan. Dimana ini merupakan tugas khusus, yakni membangun narasi positif, optimisme, dan pembangunan di daerah yang tertinggal dan konflik.

Di Provinsi Papua Pegunungan itu ada 8 kabupaten yang masuk dalam wilayah administratif. Dari jumlah tersebut, sebanyak 7 kabupaten merupakan daerah tertinggal di Indonesia. Dimana indeks pembangunan manusia (IPM) terendah di Indonesia adalah Kabupaten Nduga.

“Dari hal tersebutlah, saya diberikan amanah untuk membangun narasi yang positif di daerah yang tertinggal dan konflik,” katanya.

Amanah atau pesan itulah yang menjadi pekerjaan rumah, dan pihaknya juga ingin membangun narasi kekerasan menjadi kedamaian. Serta semangat konflik menjadi kompetisi.

“Kami ingin mendorong provinsi sayur mayur menjadi sebuah festival. Dan saat ini, kami tengah mendesain beberapa iven, baik di bidang sosial budaya dan pariwisata. Tujuannya untuk mengurangi tensi ketegangan dan kekerasan,” tuturnya.

 

penulis : Mujiono
editor : Felix

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan