Pemprov Papua Pegunungan Siapkan 12 Roadmap Dasar Pembangunan

Pj Gubernur Provinsi Papua Pegunungan, Velix Vernando Wanggai. (Foto: Mujiono/Seputarpapua)
Pj Gubernur Provinsi Papua Pegunungan, Velix Vernando Wanggai. (Foto: Mujiono/Seputarpapua)

TIMIKA, Seputarpapua.com | Pemerintah Provinsi Papua Pegunungan tengah menyiapkan 12 roadmap atau rencana kerja rinci dan berkelanjutan yang akan dijadikan sebagai dasar dalam pelaksanaan pembangunan di Provinsi Papua Pegunungan.

Penjabat (Pj) Gubernur Papua Pegunungan, Velix Vernando Wanggai mengatakan, dirinya yang sudah 6 bulan mendapatkan amanah sebagai Pj Gubernur pada provinsi baru Papua Pegunungan, diperintahkan untuk menyiapkan 12 roadmap yang harus dikerjakan selama masa transisi.

Kata dia, 12 roadmap tersebut seperti menyiapkan manajemen aparatur sipil negara (ASN), perangkat organisasi pemerintah, pembentukan Majelis Rakyat Papua (MRP), penyiapan lahan atau kantor inti pusat pemerintahan (KIPP), dan kerangka perencanaan dasar.

“12 roadmap itu berbeda dengan Pj-Pj lainnya di Indonesia. Ini karena posisi dasar kita ada di daerah otonom baru (DOB), sehingga ada 12 roadmap yang harus dikerjakan,” kata Velix Wanggai saat ditemui di Graha Eme Neme Yauware, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Senin (24/6/2024).

Velix menegaskan, meskipun waktu menjabat sebagai Pj cukup singkat atau di masa transisi, ia optimis semuanya dapat terlaksana. Apalagi sebagai Pj dirinya ditugaskan untuk meletakkan dasar pembangunan, dan hal ini sudah dimulainya. Tentu juga pelaksanaan 12 roadmap dengan perkembangan yang berbeda-beda.

“Seperti persiapan lahan pemerintahan, kami sudah melakukan pelepasan adat. Yangmana saat ini proses sertifikasi oleh Kementerian ATR dan BPN, serta proses pengisian sumber daya manusia (SDM) dan organisasi perangkat daerah (OPD),” ujarnya.

Langkah pelaksanaan 12 roadmap sudah dimulai dengan tahapan yang berbeda termasuk menyiapkan Peraturan Gubernur (Pergub) tentang rencana pembangunan jangka panjang (RPJP) 25 tahun mendatang serta Pergub tentang rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) untuk gubernur terpilih nantinya.

“Jadi semua sudah dilalui dengan konteks persoalan yang berbeda. Namun saya optimis, hingga sampai November nanti semua bisa selesai. Sehingga bisa menjadi dasar gubernur terpilih nanti,” pungkasnya.

penulis : Mujiono
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan