Pemprov Papua Perkenalkan Noken dan Sagu di GCF Task Force di Brasil

TIMIKA | Pemerintah Provinsi Papua turut hadir dalam pertemuan tahunan GCF (Governors Cilmate and Forest) Task Force atau Satuan Tugas Gubernur untuk Hutan dan Perubahan Iklim di Kota Manaus, Negara Bagian Amazonas Brasil, Rabu (16/3/2022).

Dalam kegiatan itu, delegasi Provinsi Papua membawa produk hasil hutan bukan kayu berupa noken yang diperkenalkan kepada masyarakat dunia. Tak hanya itu, turut dibawa madu, sagu serta minyak kayu.

“Dimana untuk semua produk yang ditampilkan itu, merupakan hasil kerjasama masyarakat adat dengan Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Papua melalui Kesatuan Pengelolaan Hutan dan Cabang Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup,” jelas Kabid Perencanaan Kehutanan DKLH Papua, Estiko Tri Wiradyo yang ikut dalam delegasi Pemprov Papua, Dikutip dari Papua.go.id, Kamis (17/3/2022).

Diketahui, Provinsi Papua merupakan salah satu pendiri GCF Task Force bersama 9 negara bagian /Provinsi yaitu Acre, Amapa, Amazonas, Maranhao, Mato Grosso, Para (Brazil), California, Illinois (Amerika Serikat), Aceh dan Papua (Indonesia) pada tahun 2009 – 2010.

Kegiatan tersebut digelar mulai 15 hingga 19 Maret 2022, dimana substansi yang dibahas dalam pertemuan itu yakni mengenai ekonomi kehutanan dan hak tenuarial, integrasi teknologi dengan pengetahuan dan kearifan lokal serta dukungan para pihak terkait dengan ekonomi kehutanan dan iklim.

Sementara perwakilan dari Provinsi Papua yang hadir dalam kegiatan itu diantaranya, Sekda Papua Muhammad Ridwan Rumasukun, Asisten II Setda Papua, Muhammad Musaad, Wakil Ketua III DPR Papua, Yulianus Rumbairusi.

reporter : Kristin Rejang
editor : Mish

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.