Pemprov Papua Tengah Resmi Lepas 120 Siswa ke Sekolah GenIUS

Pemprov Papua Tengah Resmi Lepas 120 Siswa ke Sekolah GenIUS
Pemprov Papua Tengah Melepas 120 siswa SD, SMP, dan SMA ke Sekolah GenIUS (Foto : Christian Degei/seputarpapua)

NABIRE | Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Tengah resmi melepas 120 siswa pilihan terbaik dari delapan Kabupaten di Papua Tengah ke sekolah Generasi Indonesia Jaya Untuk Semua (GenIUS) di Tangerang, Jum’at (26/1/2024).

Sebanyak 120 siswa yang berdiri dari siswa SD, SMP, dan SMA ini diberangkat pada, Sabtu (27/1/2024) untuk menempuh pendidikan di sekolah GenIUS di Jalan Binong Raya No. 1 Lippo Karawaci, Tangerang.

Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Papua Tengah, Marten Ukago menyebutkan 120 siswa tesebut terdiri dari Kabupaten Paniai 13 siswa, Mimika 13, Deiyai 20 Siswa, Intan Jaya 25 siswa, Puncak Jaya 10 siswa, Nabire 18 siswa, Puncak 10 siswa dan Kabupaten Dogiyai 12 siswa.

“Kami merekrut 120 anak ini kami lakukan dengan cara koordinasi dengan delapan kepala dinas pendidikan Kabupaten se Provinsi Papua Tengah,”ungkap Marten Ukago dalam laporannya.

Mengingat proses belajar mengajar telah memasuki semester genap, kata Kadispenbud, bagi para siswa yang sudah melengkapi persyaratan akan segera diberangkat. Namun para siswa yang belum melengkapi persyaratan akan diberangkatkan penerbangan kedua.

“Jadi penerbangan pertama akan dikirimkan sebanyak 68 anak dari lima kabupaten, kemudian lainnya yang belum melengkapi persyaratannya harus dilengkapi surat pemeriksaan kesehatan. Dan 19 anak yang tahap pertama tidak diberangkatkan akan digabung dengan penebangan kedua bersama Kabupaten Mimika, Puncak dan Puncak Jaya,”ungkap Ukago.

Ia mengingatkan kepada pimpinan sekolah GenIUS bahwa para siswa yang dilepas Pemprov Papua Tengah tersebut memiliki pelbagai keterbatasan dengan sifat kemanjaan sehingga membutuhkan bimbingan.

“Namun ibu Pj Gubernur Papua Tengah melalui telah mempercayakan dinas pendidikan provinsi Papua Tengah untuk koordinasikan dengan pihak sekolah GenIUS dan hari ini kami investasi 120 anak ini untuk dibina,”katanya.

Ia menjelaskan bahwa di Provinsi Papua Tengah telah memiliki beberapa potensi yang harus digarap untuk kepentingan 20 tahun kedepan

“Potensi yang kami miliki adalah potensi peternakan, pertanian, perikanan, kehutanan, pertambangan, pariwisata dan kewirausahaan. Dengan demikian, sekolah GenIUS kami mengharapkan supaya anak-anak ini dibina sehingga dikemudian hari mereka menjadi tuan diatas tanah provinsi Papua Tengah,”sebut Kadis Pendidikan Papua Tengah.

Ia berharap agar pihak sekolah GenIUS dapat membina para siswa terbaik yang akan dikirim ini seperti anak Papua lain di sekolah GenIUS.

“Anak-anak Papua yang ada di sekolah GenIUS adalah 70% dan Papua Tengah mengirim 120 anak ini berubah menjadi 90%. 10% lainnya adalah diluar dari Provinsi Papua Tengah lainnya dan 120 siswa yang akan dikirim ini sebagai pertama di tahun 2023 dan di tahun 2024 pun provinsi Papua Tengah diupayakan,”kata dia.

Advertisements

Sementara itu, Penjabat (Pj) Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk mengatakan bahwa 120 siswa yang akan dikirim untuk study di sekolah GenIUS ini untuk mengentaskan stigma SDM orang Papua masih tertinggal dan terbelakangan.

“Jadi tujuannya untuk saya mau merubah stigma SDM orang Papua masih terbelakang dan lain sebagainya. Saya juga memberikan apresiasi kepada pihak orangtua yang telah berkontribusi kaderkan anak-anak untuk sekolah GenIUS untuk membangun negeri dan kembali dengan membangun Provinsi Papua Tengah,”tegas dia.

120 siswa yang dikirim ini merupakan modal Sumber Daya Manusia (SDM) untuk Papua Tengah. Sehingga komitmen pengkaderan ini sebagai wujud pemberdayaan membangun SDM untuk menunjang kualitas potensi yang gemilang di Papua Tengah kedepan sebagai bukti bahwa orang Papua juga bisa dan mampu.

Advertisements

“Dalam kegiatan yang sederhana kita berbuat sesuatu yang lebih memberikan nilai tambah kontribusi yang besar untuk pembangunan Provinsi Papua Tengah kedepan,”kata PJ Gubernur Papua Tengah.

PJ Gubernur Papua Tengah juga mengharapkan kepada 120 siswa yang akan menemukan pendidikan di sekolah GenIUS tersebut kembali harus dengan membawa hasil yang membanggakan orang dan pemerintah.

“120 pergi dan 120 itu juga harus kembali dengan hasil yang baik, itu harapan ibu,”harap PJ Gubernur Papua Tengah, Ribka Haluk.

penulis : Christian Degei
editor : Iba

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan