Pemuda Tani Biak Berhasil Panen 132 Kilogram Cabe Besar, Disaksikan Bupati

PANEN | Bupati Biak, Herry Ario Naap saat ikut memanen cabe besar hasil petani asli suku Biak. (Foto: Ist)
PANEN | Bupati Biak, Herry Ario Naap saat ikut memanen cabe besar hasil petani asli suku Biak. (Foto: Ist)

TIMIKA | Pemuda Tani Biak Utara mengadakan acara panen raya atau Farmers Field Day di Kebun Demplot Inakwom di Kampung Warkimbon, Distrik Biak Utara, Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua, Selasa (31/5/2022).

Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Biak Numfor, Herry Ario Naap didampingi istri, juga sejumlah stakeholder terkait dan 123 orang petani binaan Yayasan Bina Tani dari empat distrik.

Technicall Field Officer Yayasan Bina Tani Sejahtera yang merupakan kepanjangan dari PT. Cap Panah Merah, Ganang Gaga Prakoso kepada seputarpapua.com menjelaskan hasil panen cabe besar berjenis pilar F1 dipanen dalam acara FFD berjumlah 132 kilogram yang juga langsung diborong oleh Bupati Biak Numfor.

“Selain kegiatan panen kita juga mengadakan Lomba Pengolahan Hasil Panen, kegiatan ini berlangsung dengan Meriah. Petani sangat senang dan bahagia, harapanya ini bisa menjadi motivasi bagi para pemuda Papua,” jelasnya.

Dikutib dari laman Fb humas pro_biak, Bupati Herry Ario Naap, turut ikut dalam acara panen raya tersebut.

Bupati mengatakan, budidaya cabe menjadi salah satu komoditi yang saat ini terus didorong oleh Pemerintah Kabupaten Biak Numfor melalui Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan untuk dikembangkan.

Bahkan Bupati Herry Ario Naap sendiri telah meminta agar setiap kampung minimal memiliki beberapa kelompok tani yang membudidayakan tanaman cabe. Tak hanya itu, menjadi kewajiban bagi setiap kepala distrik kampung memperhatikan hal tersebut.

“Cabe saya sudah minta instansi terkait agar ini menjadi perhatian dan terus dikembangkan di masyarakat, minimal ditanam di pekarangan rumah. Saya juga sampaikan ke kepala distrik dan kepala kampung supaya di wilayahnya memilik kelompok tani yang mengembangkan budya cabe,” kata Bupati.

reporter : Kristin Rejang
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.