Penampilan Barongsai Hibur Warga Mimika di Perayaan Imlek 2023

Warga Mimika memadati Diana Mall menyaksikan pertunjukan Barongsai dalam perayaan Imlek 2574 Kongzili atau Tahun Baru China 2023 Masehi. (Foto: Mujiono/Seputarpapua)
Warga Mimika memadati Diana Mall menyaksikan pertunjukan Barongsai dalam perayaan Imlek 2574 Kongzili atau Tahun Baru China 2023 Masehi. (Foto: Mujiono/Seputarpapua)

TIMIKA | Warga Mimika terhibur dengan atraksi atau penampilan Barongsai milik Himpunan Peduli Kasih Tionghoa (HPKT) yang ditampilan pihak Diana Mall dalam perayaan Imlek atau Tahun Baru China di Kabupaten Mimika, Papua Tengah pada Minggu, 22 Januari 2023.

Penampilan barongsai oleh pihak Diana Mall ini, menarik perhatian warga pengunjung dan pelanggan swalayan tersebut, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa larut dalam kegiatan itu sampai mengabadikan momen dengan gadget maupun berswafoto bersama Barongsai.

Apalagi ketika Barongsai mengambil angpao (amplop kecil berwarna merah berisi uang) yang digantung didepan los-los toko, warga ikut bersorak-sorai, dan bahkan ada dari warga yang memasukkan angpao ke mulut Barongsai.

Menurut kepercayaan warga Tionghoa, memasukkan angpao ke dalam mulut Barongsai di maksudkan untuk membuang semua keburukan dan mendatangkan rezeki bagi si pemberi angpao. Yangmana kepercayaan itu memberikan harapan dapat mendatangkan rezeki dan keberuntungan.

Selain pertunjukan Barongsai, terdapat juga penampilan Wushu dan memberikan hadiah bagi warga atau pengunjung yang berani maju bernyanyi, mulai dari voucher belanja, voucher kamar hotel, restoran, hingga kolam renang di Hotel Horison Diana.

Isnan, salah satu warga Mimika mengatakan, dirinya datang mengunjungi Diana Mall hanya untuk menyaksikan penampilan Barongsai yang menurutnya hanya setahun sekali.

“Kalau ada Barongsai anak-anak ingin lihat, jadi ya sekalian lihat dan jadi hiburan. Apalagi di Timika jarang ada hiburan,” ujarnya.

Sementara itu, Ariyanti Pakilaran selaku General Manager Diana Mall mengatakan perayaan Imlek tahun ini pihaknya mengadakan kegiatan secara sederhana, seperti atraksi Barongsai, penampilan Wushu dan panggung hiburan bagi konsumen.

Yangmana kegiatan yang dilakukan mendapat dukungan dari HPKT Timika dan tenant-tenant (penyewa los) di Diana Mall.

“Dukungan dari tenant-tenant Diana Mall ini dengan menggantung angpao-angpao di depan toko-toko,” kata Ariyanti.

Pihaknya juga berharap di perayaan Imlek 2574 Kongzili atau 2023 Masehi ini semua impian masyarakat bisa segera terwujud.

“Setiap tahun untuk atraksi Barongsai pada perayaan Imlek terus digelar. Sehingga bisa terus membawa kebahagiaan,” pungkasnya.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Mujiono
editor : Saldi Hermanto

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.