Pendaftar Calon Jamaah Haji di Timika Turun 60 persen

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Jamaah Calon Haji Papua Barat Masuk Asrama
Ilustrasi jamaah haji Timika. (Foto: Dok SP)

TIMIKA | Akibat Pandemi Covid-19 yang terjadi sejak awal tahun 2020 lalu, jumlah pendaftar calon jamaah haji di Kabupaten Mimika menurun signifikan.

Penyelenggara Haji dan Umrah, Kantor Kementerian Agama, Mimika, Muhammad Hatta mengungkapkan, selama masa pandemi pendaftaran calon jamaah haji tetap dibuka namun pendaftarnya tidak sebanyak tahun-tahun sebelumnya.

Pada tahun 2019 dan dua tiga tahun sebelumnya, dalam satu tahun ada lebih dari 1000 orang yang mendaftar untuk berangkat haji atau rata-rata 100 orang lebih yang mendaftar dalam sebulan.

Namun, di tahun 2020 hanya sekitar 12 orang perbulan yang dalam satu tahun hanya ada 300 orang lebih yang mendaftar.

“Tapi setelah pandemi, turun 60 persen. Jadi 2020 kemarin itu cuma sekitar 300an, padahal biasa 1000 orang per tahun,” katanya saat diwawancara di kantornya, Selasa (9/3/2021).

Lebih lanjut, Hatta menjelaskan untuk calon jamaah haji yang masuk daftar tunggu di seluruh Indonesia sudah mencapai 4 juta orang, rata-rata untuk keberangkatan daftar tunggu di Indonesia 10 tahun keatas.

“Papua saja sudah masuk 18 tahun untuk waiting list,” katanya.

Sementara untuk prioritas calon jamaah yang akan berangkat ialah bagi jamaah yang sudah melunasi biaya perjalanan ibadah haji (BPIH) tahun 2020.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
Berita Terkait
Baca Juga
Dapatkan Notifikasi ?    Ya Nanti