Pendaftaran Ditutup, Kenius Kogoya Calon Tunggal Ketum KONI Provinsi Papua

Tim penjaringan dan penyaringan calon ketua KONI Provinsi Papua menyampaikan keterangan pers di Jayapura, Rabu (1/6/2022). (Foto: Vidi/Seputarpapua)
Tim penjaringan dan penyaringan calon ketua KONI Provinsi Papua menyampaikan keterangan pers di Jayapura, Rabu (1/6/2022). (Foto: Vidi/Seputarpapua)

JAYAPURA | Kenius Kogoya menjadi bakal calon tunggal untuk maju sebagai Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua periode 2021-2025.

Pria yang tidak asing bagi dunia olahraga ditanah Papua ini dinyatakan memenuhi syarat dari verifikasi berkas sebagai bakal calon.

Ketua tim penjaringan dan penyaringan Benny Yensenem mengatakan sejak dibukanya pendaftaran per-tanggal 31 Mei dan 01 Juni 2022 yang dimulai pada pukul 09.00 – 17.00 WIT terdapat dua pendaftar yakni Kenius Kogoya dan Decky Kayame.

“Kami telah membuka kesempatan untuk pendaftaran bagi calon yang berkeinginan untuk berpartisipasi dalam penjaringan ini. Dan sejak kemarin (31/5) pagi pukul 09.00 sampai dengan jam 17.00 WIT tidak ada yang mendaftar,” kata Benny, Rabu (01/6/2022).

“Tapi di hari yang kedua atau 1 Juni, mendaftar dua orang. Pertama Decky Kayame dan kedua Kenius Kogoya. Berkas yang disiapkan sebagaimana diminta panitia atau tim penjaringan sudah disampaikan, baik dari saudara Decky dan Bapak Kenius,” lanjutnya.

Kata Benny, bahwa setelah ditutup pendaftaran, tim penjaringan dan penyaringan langsung melakukan verifikasi berkas terhadap kedua pendaftar bakal calon Ketua Umum KONI Papua.

“Hasil verifikasi, pertama kepada saudara Decky Kayame. Beliau hanya menyampaikan dukungan dari satu kabupaten, yaitu Nabire. Kemudian dari cabang olahraga, tidak ada. Dengan demikian persyaratan yang kami minta sebagai calon Ketua Umum itu tidak memenuhi syarat,” ujarnya.

“Kedua, Kenius Kogoya menyampaikan berkas lengkap, bahkan dari KONI/Kabupaten yang mendukung itu yang tadinya kami berikan syarat sekurang-kurangnya 9 kabupaten, beliau mendapatkan 15 kabupaten. Kemudian dari cabang olahraganya tadi kami tetapkan sekurang-kurangnya 17, beliau mendapat 25 dukungan dari cabang olahraga dan semua persyaratan yang lain-lain dipenuhi,” tambahnya.

Atas verifikasi tersebut, bahwa satu calon dinyatakan gugur atas nama Decky Kayame. Sedangkan Kenius Kogoya dinyatakan lolos verifikasi persyaratan yang diminta panitia.

“Sehingga dengan resmi panitia atau tim penjaringan menutup rangkaian kerja tim penjaringan dan penyaringan Ketua Umum KONI Papua periode 2021-2025 ditetapkan satu calon yang boleh diusulkan dalam musyawarah nanti secara resmi,” pungkasnya.

Tanggapi Berita ini
reporter : Vidi
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.