Penembakan di Deiyai, Pemberontak Papua Peringatkan Serangan Massal

Jubir TPNPB-OPM, Sebby Sambom
Jubir TPNPB-OPM, Sebby Sambom

TIMIKA | Kelompok pemberontak Papua menyebut teror penembakan di aula Kantor DPRD Deiyai pada Minggu malam, bagian dari peringatan perlawanan kepada pemerintah Indonesia.

“Walau pun kami belum terima laporan, tapi hal semacam itu akan terjadi dimana-mana di seluruh Papua,” kata Juru Bicara TPNPB Sebby Sambom melalui rekaman suara yang dirilis pada Senin (27/6/2022).

Peringatan emosional Sebby Sambom merespon berbagai kebijakan pemerintah termasuk pemekaran provinsi di Papua yang dianggapnya sebagai bentuk politik pendudukan paksa.

“Ingat pemekaran secara paksa oleh Jakarta, itu salah satu politik pendudukan yang melanggar hak-hak orang Papua,” katanya.

TPNPB sebagai sayap militer OPM, kelompok separatis bersenjata Papua adalah salah satu di antara kelompok yang paling menentang pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Papua.

“Semua orang Papua harus bangkit bergerak. Jangan pasrah,” kata Sebby.

Sebby menyadari perlawanan bersenjata dikumandangkan sebagai tindakan brutal melanggar hukum. Di sisi lain, dia yakin tindakan itu bentuk pembelaan diri orang asli Papua untuk mempertahankan hak-haknya.

“Kami akan membela di PBB, dunia internasional bahwa kami sedang membela diri, menyelamatkan hak-hak kami. Kami siap naik di pengadilan internasional,” ujarnya.

“Jakarta mengklaim kami melakukan panggaran hukum, tapi kami akan sampaikan di dunia internasional bahwa ini adalah pembelaan diri, self defense,” sambung dia.

 

reporter : Sevianto Pakiding
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.