Penempatan ASN di Tiga Provinsi Baru Diatur Kemendagri

Pemkab Alokasikan Rp1 Miliar Untuk Perabotan Asrama Mahasiswa
Yohanis Walilo

TIMIKA | Penempatan Aparatur Sipil Negara (ASN) ke tiga provinsi baru dipastikan bakal diatur langsung oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), sementara Pemerintah Provinsi hanya bersifat koordinasi.

“Pasti itu kewenangan pengaturannya oleh Kemendagri sehingga provinsi induk sifatnya hanya koordinasi saja,” kata Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Papua, Yohanis Walilo di Jayapura, Rabu (16/11/2022) dikutip dari Papua.go.id.

Walilo katakan, ada sekitar 3.200 ASN yang bakal ditempatkan di tiga provinsi baru di Papua.

Tiga provinsi itu yakni Papua Tengah, Papua Selatan dan Papua Pegunungan.

Sementara 3.200 lebih ASN ini yang akan digeser ke tiga provinsi baru itu, terdiri dari pejabat Eselon II, III, IV serta staf.

Sedangkan masing-masing provinsi baru akan ditempatkan 1.000 lebih ASN.

“Kalau draft awal dari Kemendagri itu 1.000 pegawai terdiri dari eselon maupun staf, jadi kalau di total sekitar 3.200 lebih.”

“Tapi sambil berjalan pasti ada penambahan atau menunggu hingga 2024 setelah ada gubernur definitif untuk mengisi semua jabatan,” tutupnya.

Tanggapi Berita ini
reporter : Kristin Rejang
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.