Pengamanan Pesparawi dan Konferensi Kingmi di Mimika, Polisi Kerahkan 500 Personel

Ilustrasi
Ilustrasi

TIMIKA | Kepolisian Resor Mimika, Papua, mengerahkan sekitar 500 personel untuk mengamankan pelaksanaan Pesparawi XIII se-Tanah Papua dan Konferensi gereja Kingmi di Kabupaten Mimika.

Pesparawi XIII se-Tanah Papua mulai dihelat pada 30 Oktober hingga 6 November 2021, sementara Konferensi gereja Kingmi pada 1 hingga 6 November 2021.

Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata mengatakan, pola pengamanan untuk Pesparawi akan ditempatkan sejumlah personel pada penginapan kontingen. Begitu pula untuk kegiatan perlombaan di venue, juga disiapkan personel untuk pengamanan.

“Begitu juga untuk Konferensi Kingmi, kita pengamanan setiap harinya di lokasi kegiatan,” kata Kapolres yang ditemui saat melayat di rumah duka mantan Wakapolsek Mimika Baru, Almarhum AKP (Purn) Andi Syamsu, Jalan Serui Mekar, Jumat (29/10/2021).

Selain itu, pihaknya juga menyiapkan tim respon yang siap memback up ketika terjadi gangguan keamanan baik diluar lokasi kegiatan dari kedua aganda tersebut maupun di dalam kegiatan.

“Kita kerahkan sekitar 500 personel. Namun ada tim-tim cadangan yang siap back up apabila ada gangguan keamanan,” katanya.

Menurut Kapolres, potensi gangguan keamanan dalam dua agenda ini tidak begitu menonjol, lantaran keduanya merupakan agenda keagamaan.

Apalagi, di Kabupaten Mimika, toleransi sangat dijunjung tinggi oleh masyarakat setempat. Seperti misalnya dalam kegiatan Pesparawi, hampir semua umat beragama terlibat dalam kepanitiaan untuk menyukseskan agenda tersebut.

“Hal inilah yang harus menjadi contoh dan terus dipertahankan,” tutupnya.

reporter : Saldi
editor : Batt

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.