Pengungsi di Paniai Terus Bertambah, Pemprov Salurkan Bantuan 10 Ton Bama

Penyerahan bantuan dari Pj Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk kepada pengungsi di Bibida, Paniai. (Foto: Firga/Seputarpapua)
Penyerahan bantuan dari Pj Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk kepada pengungsi di Bibida, Paniai. (Foto: Firga/Seputarpapua)

PANIAI, Seputarpapua.com | Jumlah pengungsi dari Distrik Bibida ke Distrik Paniai Timur, Kabupaten Paniai, Papua Tengah terus bertambah. Tercatat hingga Kamis (20/6/2024) siang jumlah warga yang mengungsi mencapai 1.883 jiwa.

Untuk memenuhi kebutuhan para pengungsi, Pemerintah Provinsi Papua Tengah sudah menyalurkan 10 ton bahan makanan (Bama).

Ribuan warga ini berasal dari lima kampung di Distrik Bibida, yakni Kampung Kugapa, Odiyai, Kolaitaga, Bibida dan Ugidimi.

“Total masyarakat Bibida yang mengungsi sampai hari ini sebanyak 1.883 orang. Mereka ini berasal dari lima kampung di Bibida,” kata Pj Bupati Paniai, Martha Pigome bertemu dengan pengungsi di Gereja Katolik, Paroki Salib Suci Kampung Madi, Distrik Paniai Timur, Kamis (20/6/2024).

Pj Bupati menyebut, seluruh kebutuhan dasar pengungsi baik makan, minum, kesehatan, MCK sudah dipenuhi oleh Pemerintah Kabupaten Paniai

“Semua kebutuhan dasar untuk pengungsi sudah kita penuhi. Terima kasih kepada seluruh OPD yang bergerak cepat untuk menyediakan kebutuhan masyarakat kita di Paniai,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Provinsi Papua Tengah, Nenu Tabuni, mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan pengungsi, Pemprov Papua Tengah sudah menyalurkan beras sebanyak 10 ton.

“Kami Pemerintah Provinsi Papua Tengah sudah menyiapkan 10 ton beras. Dari jumlah itu, 3 ton nya kami serahkan kepada pengungsi yang ada di Nabire. Kemudian pengungsi yang ada disini kami serahkan bantuan beras 7 ton,” tuturnya.

Selain itu bantuan berupa makanan tambahan bagi ibu hamil, menyusui dan anak-anak kecil disiapkan sebanyak 3 ton.

“Semua ini sudah kami bawa siapkan dan bawa sampai disini. Artinya bahwa kebutuhan semua pengungsi kami siapkan selama masa tanggap darurat,” terangnya.

penulis : Firga
editor : Iba

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan