Penjabat Bupati Mappi Hadiri Pencanangan Pembagian 10 Juta Bendera oleh Mendagri di Merauke

Penjabat Bupati Mappi Michael R. Gomar saat bersalaman dengan Mendagri Tito Karnavian
Penjabat Bupati Mappi Michael R. Gomar saat bersalaman dengan Mendagri Tito Karnavian

TIMIKA | Penjabat Bupati Mappi, Michael R. Gomar menghadiri pencanangan pembagian 10 juta bendera merah putih oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian di Halaman Kantor Bupati Merauke, Jumat (12/8/2022).

Dalam kegiatan yang dibuka mantan Kapolri itu dihadiri Sekda Provinsi Papua Ridwan Rumasukun, serta sejumlah kepala daerah diantaranya Bupati Merauke, Bupati Asmat, Bupati Boven Digoel, dan PJ Bupati Mappi, PJ Bupati Lani Jaya.

Pencanangan gerakan pembagian 10 juta bendera merah putih tersebut digagas Kementerian Dalam Negeri dalam memperingati HUT ke 77 RI tahun 2022.

Kegiatan ini dilaksanakan di tiga provinsi, yakni Provinsi Papua yang berlangsung di Merauke, Provinsi Jawa Timur dan Aceh.

Mendagri Tito Karnavian secara langsung melakukan penancapan bendera merah putih di halaman kantor Bupati Merauke didampingi Sekda Provinsi Papua serta sejumlah bupati yang hadir.

 

Penancapan bendera merah putih oleh Mendagri Tito Karnavian dan Sekda Provinsi Papua serta sejumlah bupati

Tito dalam sambutannya menyampaikan, pembagian 10 juta bendera ini dalam rangka menyemarakkan atau menggelorakan semangat nasionalisme sebagai negara yang plural yang berbeda-beda suku ras dan agama, tetapi tetap mengikat Bhineka Tunggal Ika bersatu dalam keberagaman.

“Keberagaman inilah kekayaaan kita, kegiatan ini dimaknai sebagai momentum untuk memupuk rasa cinta terhadap bangsa dan negara,” kata Tito.

Ia menuturkan, Provinsi Papua menjadi propinsi pertama yang dikunjungi dalam kegiatan ini dengan tujuan untuk menggugah rasa kecintaan terhadap tanah air.

“Saya berterimakasih kepada para bupati yang hadir pada kegiatan hari ini. Pencanangan pembagian 10 juta bendera ini saya memilih sendiri untuk menghadiri acara seremonialnya di Papua,” ucap Tito.

Dalam kesempatan tersebut, Tito secara simbolis menyerahkan bendera merah putih kepada perwakilan Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia, Persatuan Guru Republik Indonesia, Forum Kerukunan Umat Beragama, Ketua Forum Adat, Ketua Keluarga Pramuka, Ketua LMA Kabupaten Merauke, Perwakilan Tokoh Agama, Perwakilan Tokoh Budaya dan Perwakilan Tokoh Perempuan.

 

reporter : Anya Fatma
editor : Aditra

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.