00
Hari
00
jam
00
Menit
00
Detik
Banner_atas

Penjelasan Pengusaha soal Kekosongan Hand Sanitizer dan Masker di Timika

Stiker penanda aturan jaga jarak terpasang pada lajur antrean pembayaran di kasir dan lift di pusat perbelanjaan Diana Timika. (Foto: Sevianto/SP)
Stiker penanda aturan jaga jarak terpasang pada lajur antrean pembayaran di kasir dan lift di pusat perbelanjaan Diana Timika. (Foto: Sevianto/SP)

TIMIKA | Pusat perbelanjaan di Kota Timika, Papua diserbu warga membeli hand sanitizer (pembersih tangan) menyusul virus corona mewabah di sejumlah daerah Indonesia.

Bahkan, cairan mengandung alkohol itu telah habis di pusat perbelanjaan Diana, hanya beberapa hari setelah ditemukan kasus positif virus corona jenis baru atau Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Indonesia.

“Hand sanitizer itu sudah habis semenjak presiden mengumumkan kasus positif corona. Waktu itu orang sudah mulai cari,” kata Direktur Unit Usaha Diana Shopping Center Timika, Lina, Jumat (20/3).

Lina tak menyangka panic buying atau perilaku konsumen memborong dan menimbun barang tersebut, sebab kasus virus corona ditemukan di luar Papua atau setidaknya di sekitar Pulau Jawa.

iklan_lokal_dalam_berita

“Kami juga belum menyadari sebelumnya, karena kami pikir bahwa kasus corona yang ditemukan di Jakarta, jadi tidak berdampak ke Timika,” katanya.

Ia belum bisa memastikan barang itu bisa tersedia dalam waktu dekat, mengingat sejumlah kota besar di Indonesia seperti Surabaya juga telah kosong beberapa waktu lalu.

“Mendatangkan barang ini butuh waktu. Kami akan usahakan lewat udara, tapi di sana harganya sudah mahal. Permintaan memang sangat banyak. Kami terpaksa harus tulis hand sanitizer kosong di supermarket,” kata dia.

Meski begitu, Lina mengatakan, hingga kini konsumen masih cenderung memburu barang untuk kebersihan diri. Sementara permintaan bahan pokok terbilang masih normal.

“Cuma sabun-sabun kesehatan seperti hand sanitizer itu yang diborong orang. Bahan kebutuhan pokok tidak, di Timika masih normal-normal saja,” katanya.

Prev1 of 2

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar