Penting! Ini Tips Psikolog untuk Tangkal Stres Hadapi Covid-19

Ilustrasi
Ilustrasi

JEMBER | Sejumlah dokter ahli di RSD dr Soebandi Jember mendiskusikan secara daring soal percepatan penanganan pandemi corona.

Acara itu dikemas dengan tajuk Normal Bersama Covid-19. Yang menarik yakni presentasi dari dr Justina Evy Tyaswati yang mengulas tentang bagaimana menanggulangi tingkat stres pada penderita dan keluarga pasien covid19.

Dokter Evy Justina menerangkan, berdasarkan data penelitian Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI), terdapat masalah psikologis di era pandemi Covid-19 ada dua golongan yakni tidak ada masalah psikologis dan ada masalah psikologis.

“Untuk masalah psikologis ada 69 persen, sedangkan tidak ada masalah psikologis ada 31 persen. Namun didalam kategori tidak ada masalah psikologis didalamnya ternyata terdapat 68 persen mengalami cemas, 67 persen mengalami depresi dan 77 persen mengalami trauma psikologis,” terang dr Evy Justina, Kamis (15/10) seperti dilansir Lenteratoday.com.

Kemudian dari data tersebut, juga ada yang mengalami depresi dan berpikir kematian. Penelitian itu diambil dari responden berasal dari Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Tengah dan Banten dan 72 persen didiminasi kalangan perempuan.

Dampak psikologis pandemi Covid-19 antara lain, post trauma stres disorder, kelelahan, ketakutan pada infeksi, frustasi dan putus asa, cemas depresi, iritbel serta merasa terasing dan paranoid.

IKLAN-TENGAH-berita

Dokter Evy Justin memiliki tips untuk mengurangi stres bagi penderita dan keluarga pasien termasuk bagi tenaga kesehatan antara lain ; dengan melakukan relaksasi fisik berupa tarik nafas dalam dan relaksasi otot progresif.

Selanjutnya yakni Olah raga secara rutin, berpikir positif, mengucapkan pernyataan pernyataan positif tentang diri sendiri, keluarga, kehidupan.

Prev1 of 2

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar