Penumpang Transit dari Kabupaten Tetangga di Mimika Tidak Perlu Rapid Test, Asalkan…

Reynold Ubra
Reynold Ubra

TIMIKA | Kabupaten Mimika merupakan salah satu kabupaten penyangga bagi kabupaten lain di wilayah pegunungan dan selatan Papua.

Sebagai kabupaten penyangga, tentunya warga yang hendak ke Kabupaten Puncak, Asmat dan kabupaten lainnya akan menggunakan transportasi udara maupun laut melalui Mimika.

Begitupun sebaliknya, warga yang hendak meninggalkan kabupaten tersebut untuk berangkat ke Jayapura, Makassar, Jakarta dan daerah lainnya akan transit di Mimika.

Juru bicara Covid-19 Mimika Reynold Ubra menegaskan, bagi penumpang transit yang berasal dari kabupaten tetangga tidak perlu lagi menjalani rapid test apabila sudah memiliki surat keterangan bebas Covid-19 dari kabupaten asal.

Tetapi, apabila tidak memiliki surat bebas Covid-19 dari kabupaten asal, maka sebelum melanjutkan perjalanan harus menjalani rapid test di Mimika.

Meski demikian, menurut Reynold, berdasarkan hasil diskusi bersama tim karatina Dinas Kesehatan disebutkan hampir sebagian besar pelaku perjalanan yang transit di Mimika terutama intra Papua sudah memiliki surat keterangan sehat atau bebas Covid-19

“Jadi kalau dia sudah memiliki surat keterangan bebas Covid-19 dari kabupaten asal, maka kami akan mengizinkan untuk melakukan perjalanan. Tetapi kalau tidak ada, kita akan lakukan rapid test dan dikenakan biaya,” ujar Reynold dalam video conference yang difasilitas Dinas Kominfo, Senin (29/6) malam.

Reynold menambahkan, pihaknya juga telah menempatkan tim di bandara maupun pelabuhan untuk melakukan rapid test bagi pelaku perjalanan.

Hal ini untuk mengantisipasi bila ada pelaku perjalanan lebih dari dua orang yang akan merujuk pasien, namun tidak memiliki surat bebas Covid-19.

“Sebagai contoh dari pegunungan tengah kabupaten tetangga itu merujuk pasien, tetapi pengantarnya lebih dari dua orang maka akan kami tes di bandara,” ujar Reynold.

 

Reporter: Aditra
Editor: Batt

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar