Penyebab Banjir di Iwaka Menurut Kadis PUPR

Suasana banjir di Kampung Iwaka, Distrik Iwaka. (Foto: Ist)
Suasana banjir di Kampung Iwaka, Distrik Iwaka. (Foto: Ist)

TIMIKA | Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Robert Mayaut telah melakukan pengecekan situasi di Iwaka pasca banjir yang terjadi beberapa waktu lalu.

Ia menjelaskan di Kampung Iwaka yang selalu terkena musibah banjir karena masyarakat tinggal di dekat daerah sungai dan kondisi rumah yang rendah.

“Kalau dilihat memang daerah itu dekat dengan muara dan rendah, badan jalan di atas, rumah di bawah, jadi memang tidak bisa, pasti air meluap,” ujarnya saat diwawancarai di Hotel Horison Diana, Timika, Kamis (25/8/2022).

Ia juga menyebutkan ada beberapa solusi yakni melakukan relokasi atau membuat rumah panggung sehingga saat air meluap tidak terjadi banjir.

“Jadi kalau mereka tidak mau direlokasi maka rumahnya harus dinaikan (panggung),” jelas Robert.

Dijelaskan seharusnya rumah yang dibangun untuk mereka adalah rumah panggung.

“Menurut masyarakat dulu perusahaan itu bangun rumah panggung buat masyarakat, dan itu sisa dua saja, kalau Pemkab kan bangunnya rumah di bawah (bukan rumah panggung),” ujarnya.

Ia juga menyampaikan terkait permasalahan ini, pihaknya akan berkonsultasi dengan konsultan perencana.

“Nanti konsultan perencana baru direncanakan mau seperti bagaimana, apa yang harus dilakukan, normalisasi kah atau seperti apa,” terangnya.

Diberitakan sebelumnya masyarakat di Iwaka selalu dihadapkan dengan situasi banjir sejak 2015, sehingga mereka berharap pemerintah bisa membantu menyelesaikan masalah tersebut.

 

Tanggapi Berita ini
reporter : Kristin Rejang

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Seputar Papua. Mari bergabung di Grup Telegram “Seputarpapua.com News”, caranya klik link https://t.me/seputarpapua , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.