Penyebaran Covid-19 di Mimika Makin Berbahaya, Pemda akan Evaluasi

Info Grafis Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Mimika.
Info Grafis Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Mimika

TIMIKA | Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika berencana melakukan evaluasi terhadap penyebaran Covid-19 yang terus meningkat.

Sesuai dengan data yang diumumkan Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Mimika, hingga Selasa (15/9), tercatat angka kumulatif warga terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai 1024 kasus, 234 masih dalam perawatan dan 783 orang dinyatakan sembuh, sementara 7 orang meninggal dunia.

Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob mengatakan, saat ini pihaknya cukup prihatin dengan penyebaran Covid-19 di Mimika yang terus bertambah, sementara tingkat kesembuhan kurang.

Menurut Wabup, kondisi saat ini sangat berbahaya.

“Untuk peningkatan kasus Covid-19 di Mimika tercatat sudah 1,8 (rasio,red). Sementara untuk Kota Timika, mulai distrik-distrik yang zona merah sudah 2,6. Artinya angka atau kasus semakin naik, dan Kota Timika angka positifnya semakin banyak,” kata Wabup saat ditemui awak media di MPCC, Rabu (16/9).

Untuk itu kata Wabup, pada tanggal 19 September 2020 nanti, pemerintah akan melakukan evaluasi ulang untuk melihat kondisi saat ini dan menentukan langkah-langkah atau kebijakan.

IKLAN-TENGAH-berita

Wabup menjelaskan, kenaikan kasus Covid-19 di Mimika karena masyarakat sekarang ini sudah menganggap Covid-19 tidak ada masalah. Sehingga banyak yang mengabaikan protokol kesehatan, mulai dari memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak atau (3M).

Padahal menurut Wabup, virus ini akan tetap ada. Semua pihak diminta menyeimbangkan antara kebutuhan ekonomi dan kesehatan. Jangan sampai mengabaikan dua hal ini. Kalau tidak, maka terjadilah seperti sekarang ini, warga terkonfirmasi positif Covid-19 terus bertambah, karena mengabaikan protokol Kesehatan.

“Sekarang ini masih ada kesempatan untuk memperbaiki, yakni dengan cara menerapkan protokol kesehatan. Jangan sampai kejadian di Spanyol terjadi juga di Mimika,” tuturnya.

Prev1 of 2

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on email
INFOGRAFI IGbar
BERITA TERKAITbar
BERITA VIRALbar
BERITA UTAMAbar
BERITA PILIHANbar
BERITA POPULERbar